Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3+ Contoh Naskah Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah Terbaru

Pidato adalah serangkaian pesan yang disampaikan di muka umum dan bersifat persuasif atau bertujuan untuk mengajak / memengaruhi audiens agar berbuat sesuatu yang positif. Dalam berpidato sudah seharusnya kita menyiapkan suatu Teks/Naskah Pidato yang nantinya akan kita bacakan di depan audiens (pendengar).

Ada beragam jenis tema pidato yang bisa sobat gunakan. Mulai dari pidato yang mengajak untuk menjaga kebersihan, membayar pajak, rutin berolahraga, dan hal-hal lainnya yang tentunya bersifat positif.

Dalam menulis naskah pidato, tentunya ada beberapa aturan, seperti menuliskan Salam Pembuka, Salam Hormat, Puji Syukur Kepada Allah Swt, isi pidato, dan salam penutup.

Memang terlihat sulit, tapi jika sobat sudah terbiasa menulis teks pidato, maka tidak akan terlalu sulit seperti kelihatannya. Selain itu, yang terpenting adalah isi dari pidato yang sobat bawakan haruslah dapat tersampaikan dengan baik. Dan juga, sobat harus memerhatikan kriteria audiens sobat, apakah akan sesuai dengan tema pidato yang akan sobat bawakan atau tidak.

Tidak mungkin kan sobat berpidato dengan tema Pentingnya Gym Bagi anak Muda, sedangkan audiens nya rata-rata Ibu-Ibu yang sudah berumur wkwk. Maka dari itu sangat penting bagi kita menulis naskah pidato yang sesuai dengan target audiens kita.
Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing beberapa contoh pidato dengan tema kebersihan di lingkungan sekolah. Dan target audiens dari Teks Pidato ini pastinya adalah seluruh Warga dari Lingkungan Sekolah, entah itu Guru, Kepala Sekolah, Siswa/i, Penjaga Sekolah, Petugas Kebersihan, dan lainnya.

Tentunya, tidak semua teks pidato di bawah ini adalah asli buatan saya. Melainkan saya merangkumnya dari berbagai sumber, lalu mengubah kalimat-kalimatnya agar seperti yang saya inginkan.

Berikut adalah 3+ Contoh Naskah Pidato Tentang Kebersihan Sekolah. Check it Out!

1. Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan Versi Singkat
PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhomat Bapak Kepala SMA Negeri 3 Semarang, yang saya hormati Bapak Ibu Guru dan seluruh jajaran staff Tata Usaha, dan Teman-Teman semua yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena atas berkat rahmatnya kita dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan. Maka dari itu, perkenankan saya untuk menyampaikan sedikit ulasan mengenai betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, utamanya di sekolah kita. 

Akhir-akhir ini sering kita dengar kabar maraknya kasus Demam Berdarah. Demam Berdarah adalah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk yang bersarang di tempat-tempat yang kotor. Tentu saja hal ini tidak akan terjadi jika kita dapat mencegahnya. 

Bagaimana cara mencegah penyebaran Nyamuk Demam Berdarah?

Salah satu pencegahan yang paling gampang dilakukan oleh kita adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan. Oleh karenanya, marilah kita mulai membiasakan diri untuk membuang sampah ke tempatnya, membersihkan sisa makanan di atas meja, membersihkan sampah yang ada di kolong meja, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, akan tercipta suatu lingkungan yang bersih, sehat dan juga nyaman. Sehingga suasana belajar mengajar pun tidak akan terganggu oleh lingkungan yang kotor.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga kedepannya kita dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan, bukan hanya di sekolah, melainkan di seluruh tempat yang kita lewati atau tempati.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, mohon maaf apabila ada salah kata atau hal-hal yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Sumber : http://rinesaa.blogspot.com/2012/10/contoh-pidato-persuasif-kebersihan.html

2. Contoh Teks Pidato Persuasif Versi Panjang Tentang Lingkungan
Pentingnya Menjaga Kesadaran akan Kebersihan, Guna Membentuk Lingkungan Hidup yang Nyaman
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat bapak ibu semua beserta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas berkat Rahmat serta Pertolongan-Nya lah kita masih diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama dalam acara ini. Tidak lupa juga saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa berdiri di sini.

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar bencana banjir terus melanda Jakarta. Baru hujan sedikit saja air sungai sudah meluap. Hal ini dikarenakan terjadinya pendangkalan sungai yang ada disekitar Jakarta. Pendangkalan ini disebabkan karena sampah yang terus menumpuk. Kalau terus dibiarkan bukan tidak mungkin ke depan sungai-sungai di Jakarta akan penuh dengan sampah.

Masyarakat sekitar bantaran sungai di Jakarta suka sekali seenaknya membuang sampah rumah tangganya ke sungai. Padahal mereka tahu kalau membuang sampah sembarangan dampaknya sangat besar. Ini hanya salah satu dampak dari tidak menjaga kebersihan lingkungan, sebenarnya masih banyak dampak lainya. Tetapi sebelum kita membahas masalah ini lebih jauh, alangkah baiknya kita melihat diri kita sendiri lebih dahulu. Apakah kita sudah menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita?

Sebagai manusia kita harus sudah mulai menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Kebiasaan ini harus sudah mulai di terapkan di Sekolah. Selain itu dengan kita menjaga kebersihan lingkungan Sekolah maka kegiatan Belajar-Mengajar pun akan lebih sehat dan nyaman. Karena dengan kita terus menjaga kebersihan Sekolah maka tidak akan ada lagi sampah dan kotoran yang bau yang dapat menganggu kenyamanan kegiatan. Selain itu sampah yang menumpuk juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, karena sampah mengandung banyak sekali bakteri.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga kebersihan lingkungan Sekolah. Yang pertama selalu membuang plastik atau bungkus-bungkus makanan ke tempat sampah, sehingga sampah tidak akan berserakan di mana-mana. Lalu selalu membuat jadwal tugas piket untuk membersihkan kelas, karena dengan membuat jadwal piket, setiap hari kelas akan rapih dan bersih. Membuat UKM atau Organisasi yang mengadakan acara rutin untuk membersihkan Sekolah yang dilakukan seminggu sekali, dengan adanya kegiatan ini maka akan membiasakan Siswa dan Siswi untuk rajin membersihkan lingkungan, di manapun itu.

Sebenarnya kesadaran akan menjaga kebersihan lingkungan ada pada diri kita sendiri, kalau kita mau berusaha pasti kita bisa menjaga lingkungan di sekitar kita. Karena kalau bukan kita yang menjaga lingkungan, siapa lagi?

Mungkin demikian pidato yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman,mohon maaf apabila ada kata kata yang kurang berkenan. Semoga teman-teman mau bersama-sama dengan saya untuk mulai membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan kampus kita tercinta.

Wassalammualaikum warah matullahi wabarokatuh

Sumber : http://pidato.net/9019_tentang-kebersihan-lingkungan


3. Teks Pidato Versi Sederhana

Mengingatkan Akan Pentingnya Menjaga Kebersihan

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMP Negeri 1 Solo. Yang saya hormati dewan guru serta staf tata usaha SMP Negeri 1 Solo, Dan teman-teman semua yang saya cintai.

Ucapan syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga dapat bertemu di tempat ini. Pada kesempatan kali ini perkenankan saya menyampaikan pidato dengan tema “Menjaga Kebersihan Lingkungan di Sekolah”

Hadirin yang berbahagia,

Lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan. Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di sekolah sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan, minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai tindakan menjaga kebersihan lingkungan di sekolah dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.

Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:
1.    Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk.
 contoh: sisa makanan, sayur, buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.

2.    Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah.
 contoh: kertas, kardus, plastik, karet, kaca, kaleng dan lain-lain.

3.     Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat    membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme.
contoh:  baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dan lain-lain.

Namun tempat sampah yang biasa disediakan hanya terdapat 2 jenis saja, yaitu sampah basah dan sampah kering. Akan tetapi pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut waktu dibuang pada akhirnya disatukan kembali.

Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampah basah dan sampah kering sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

Hadirin yang berbahagia,
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman  peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan kita.

Hadirin,
Sekian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Apabila ada tutur kata dan tingkah laku yang kurang berkenan, saya mohon maaf, terimakasih.
Wassalamualaikum. Wr.Wb.

Sumber : https://brainly.co.id/tugas/2022227

Demikianlah 3+ Contoh Naskah Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah Terbaru. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai pidato, silahkan berkomentar. Saya tunggu, dan akan saya jawab dengan sebaik mungkin.

Yaps, mudah-mudahan apa yang saya bagikan hari ini dapat bermanfaat. Dan mohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan kalimat atau kata pada naskah pidato tersebut.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "3+ Contoh Naskah Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah Terbaru"

Berlangganan via Email