Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Instal XAPK Di Semua HP Android dengan Mudah & Praktis

XAPK merupakan salah satu format file di android yang mungkin saat ini masih banyak orang yang agak asing dengan jenis file tersebut serta cukup dibingungkan juga dengan cara pemasangannya, soalnya perlu beberapa langkah untuk membuka file jenis ini.

Sebetulnya, XAPK sama seperti file berformat .APK pada umumnya. Hanya saja yang membedakan antara keduanya adalah pada XAPK akan terdapat beberapa macam file, namun biasanya hanya ada File .APK dan File OBB. Selain itu, proses instal XAPK pun akan sedikit berbeda jika dibandingkan menginstal file APK biasa.

Lebih singkatnya, dengan kita menggunakan File .XAPK ini maka kita tidak akan melakukan proses update di dalam game / aplikasi yang kita instal. Karena kesemua file update-nya telah dimasukan ke dalam file .OBB tersebut.

Maka tidak heran jika kita mendownload file .XAPK akan mendapati ukuran file yang cukup besar. Karena di dalamnya sudah termasuk data-data update terbaru game / aplikasi tertentu.

Lalu apa kelebihan dari file .XAPK ini?

Kelebihan File .XAPK

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa jika kita menginstal file dengan format .XAPK, maka secara otomatis kita telah mendownload keseluruhan update dari aplikasi tersebut. Asalkan, kita mendownload file .XAPK yang versi terbaru dari penyedia terpercaya. Salah satunya adalah APK Pure.

Kelebihan lainnya tentu lebih hemat waktu. Karena hanya dengan menginstal .XAPK, maka tidak perlu lagi melakukan yang namanya update di dalam game. 

Lantas bagaimana cara instal .XAPK yang benar serta praktis? 

Cara Instal .XAPK

Sebetulnya ada 2 cara untuk menginstal aplikasi berformat .XAPK ini. Dan tentunya masing-masing cara memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Tinggal kita pilih saja mana yang menurut kita mudah dan praktis. 



Cara ke 1 : 


Untuk cara ke satu mungkin lumayan agak ribet. Karena keseluruhan tahapannya dilakukan secara manual.
  1. Langkah pertama pastikan file .XAPK telah didownload. Jika belum, download terlebih dahulu file nya melalui APK Pure atau penyedia / layanan sejenis.
  2. Jika sudah, langsung kita rename file berekstensi .XAPK itu dengan ekstensi .RAR.

  3. Setelah itu langsung kita buka file nya. Jika tidak bisa dibuka, maka kita wajib menginstal aplikasi .Rar melalui playstore.

    Instal Aplikasi ini dulu sob.

  4. Jika file sudah bisa terbuka, maka di dalamnya akan terdapat beberapa jenis file. Nah yang pertama kita lakukan adalah menginstal file berformat .APK terlebih dahulu.
    Pastikan kita telah memberi izin penginstalan.

  5. Apabila .APK sudah berhasil terinstal, selanjutnya adalah kita harus memindahkan file OBB ke dalam folder internal/android/obb.

  6. Selesai!

Cara ke 2

Untuk cara yang ke 2 kita menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama XAPK Installer. Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk membuka sekaligus menerapkan file XAPK di smartphone android secara otomatis, tanpa perlu pindah-memindah file obb secara manual. 

Untuk tata cara penggunaan XAPK installer ini, silahkan simak sebagai berikut.
  1. Langkah pertama download dan instal XAPK installer melalui link ini.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasinya.
  3. Kemudian cari file .XAPK yang ingin diinstal. Jika sudah ketemu klik Instal.

  4. Maka secara otomatis file .XAPK akan terinstal. Serta file .OBB akan ditempatkan ke dalam folder yang seharusnya. 
  5. Selesai

KESIMPULAN


Kedua tahap penginstalan .XAPK di atas sama-sama work dan teruji. Hanya saja jika mau membandingkan, cara ke 2 tentu lebih praktis daripada cara ke 1 yang sangat manual. Di mana kita tidak perlu lagi pusing harus menempatkan file .obb di folder mana. 


Demikianlah yang bisa saya bagikan di malam yang agak mendung ini. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Instal XAPK Di Semua HP Android dengan Mudah & Praktis"

Berlangganan via Email