Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wordpress Self Host Vs Blogspot, Mana yang Lebih Baik?

Dalam perkembangannya, ngeblog menjadi suatu aktivitas yang kian menarik untuk ditekuni. Pasalnya banyak yang bilang kalau ngeblog bisa menghasilkan uang.

Tapi apakah benar segampang itu?

Berbicara mengenai ngeblog atau istilah kerennya blogging, tentu tidak terlepas dari platform apa yang digunakan.

Banyak yang bilang platform dalam aktivitas blogging sangat mempengaruhi kesuksesan suatu blog yang kita bangun. Tapi apakah benar seperti itu ?

Sesuai judulnya, kali ini saya ingin sharing pendapat saya mengenai perbandingan 2 platform ngeblog yang cukup populer di dunia maya. Platform tersebut di antaranya adalah Blogspot dan Wordpress Self Host.



Wordpress Self Host Vs Blogspot, Mana yang Lebih Baik?

Apa itu Wordpress Self Host ?

Wordpress Self Hosted tentu berbeda dengan Wordpress yang selama ini kenal. Perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya adalah dibutuhkan sebuah hosting dan juga domain pribadi yang nantinya digunakan sebagai penyimpan data-data website yang akan kita buat.

Kelebihan Wordpress Self Host

Custom Domain

Salah satu keunggulan apabila kita menggunakan wordpress self host sebagai pilihan platform untuk ngeblog adalah kita bisa sesuka hati mengubah bentuk URL postingan yang diinginkan. Sehingga url kita jauh lebih ringkas dan enak dilihat. 

Contohnya : example.com/judul-post

Kalau di wordpress biasa : example.com/02/23/2019/judul-post

Kurang lebih seperti itu. 

30% Website Di Dunia Menggunakan Wordpress

Selain itu, data menunjukan kalau 30% website di seluruh dunia menggunakan platform wordpress sebagai pilihan, tentunya wordpress self host ya, bukan wordpress.com. 

Hal tersebut menandakan kalau wordpress cukup diminati, salah satu alasannya adalah platform wordpress cukup bersahabat dengan search engin, sehingga kelak akan memudahkan kita dalam urusan SEO. 

Tersedia Banyak Plugin

Nah keunggulan lain yang membuat saya memilih wordpress adalah banyaknya plugin-plugin yang memudahkan pekerjaan kita dalam urusan website. 

Plugin sendiri adalah suatu file khusus yang memungkinkan kita untuk menambahkan fitur-fitur secara otomatis. Misalnya, jika di blogspot untuk membuat table of content diperlukan penambahan kode html secara manual, nah sedangkan di wordpress kita bisa membuat table of content secara otomatis hanya dengan menginstal plugin TOC.

Tentunya plugin-plugin tersebut beraneka ragam dan masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda-beda. 

Plugin yang cukup umum digunakan oleh blogger / situs di Indonesia di antaranya adalah, Yoast SEO, Table of Content, Akismet anti Spam, dan lainnya. 

Mau Bikin Situs Apa Saja Bebas Tidak Ada yang Melarang

Di wordpress kita bisa membangun situs bebas-sebebasnya tanpa takut dihapus oleh pemilik platform. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan apabila Google melakukan deindex terhadap situs kita apabila kita membuat konten-konten yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan google search engine.

Kekurangan Wordpress Self Host

Memerlukan Biaya yang Lumayan

Untuk membangun blog dengan platform wordpress self host kita memerlukan Hosting + Domain. Kedua elemen tersebut tidak dapat dipisahkan, sehingga mau tidak mau kita mesti membeli hosting dan domain secara bersamaan di registrar-registrar ternama. 

Tentunya tiap penyedia layanan hosting memiliki penawaran harga yang berbeda-beda. Tinggal pintar-pintar kita saja.

Tidak Bebas Dalam Upload Gambar

Di wordpress kita mesti melakukan Compressing terhadap gambar yang ingin kita upload. Asalannya adalah supaya gambar yang kita upload tersebut tidak memakan penyimpanan hosting kita. 

Rentan Terhadap Serangan Hacker

Pada Wordpress Self Host ibaratnya kita memiliki rumah sendiri yang tidak terintegrasi dengan pihak manapun. Di rumah inilah kita yang bertugas selama 24 jam penuh melakukan perawatan sekaligus pengamanan rutin.

Nah apabila kita tidak mengerti cara mengamankan wordpress dari serangan hacker, maka bukan tidak mungkin jika suatu saat blog kita akan kena hack atau diretas.

Salah Memilih Layanan Hosting, Website / Blog mudah down

Yang menjadi permasalahan setiap Pengguna Wordpress Self Host ialah sering mengalami down atau situs lama dibuka. Alasannya tentu saja karena banyaknya pengunjung / user yang datang ke blog kita secara bersamaan dalam waktu yang sama pula. 

Hal tersebut tentunya akan sangat berbahaya apabila kita salah dalam memilih layanan hosting. Jika hosting yang kita pilih abal-abal, maka situs kita bisa Down seketika. 

Jadi, pintar-pintarlah dalam memilih hosting.


Apa itu Blogspot ?

Blogspot merupakan suatu platform untuk ngeblog yang dimiliki oleh Google. Blogspot sendiri menjadi platform ngeblog yang paling diminati di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Kelebihan Blogspot

Gratis

Kelebihan pertama yang bisa kita rasakan saat menggunakan blogspot adalah tidak adanya biaya dalam penggunaannya. Mau berapapun gambar atau jumlah post yang Anda terbitkan, tidak akan berpengaruh terhadap kuota hosting. 

Anti Serangan Hacker

Blogspot / Blogger.com adalah milik Google, bagi para Hacker yang hendak meretas suatu blog yang berbasis blogspot tentunya wajib melangkahi Google terlebih dahulu sebagai pemiliknya wkwk.

Tidak Ada Bandwith, Semua Unlimited

Jika di wordpress self host kita akan dikenakan bandwith. Bandwith sendiri merupakan suatu indikator yang memberikan informasi mengenai jumlah maksimal pengunjung web yang bisa datang tanpa menyebabkan website down.

Di blogspot kita tidak mengenal hal tersebut. Jadi, mau seberapa ratus juta pengunjung pun yang datang, tidak akan membuat blogspot yang kita miliki menjadi lemot diakses apalagi down, hehe.

Kekurangan Blogspot

Ada embel-embel .Blogspot.Com

Ketika menggunakan blogspot, maka URL bawaan kita akan menjadi example.blogspot.com. Dan hal tersebut tentunya akan membuat blog yang kita miliki menjadi kurang enak dilihat. Apalagi sekarang banyak oknum-oknum yang menjadikan blogspot sebagai platform untuk membuat situs penipuan. 

Tentunya hal tersebut menjadi momok yang menakutkan, terlebih apabila kita ingin membangun branding dengan blogspot yang kita miliki.

Untungnya terdapat fitur Custom Domain yang memberikan kita akses untuk mengubah domain menjadi example.com.

Rentan Dihapus

Di blogspot, kita mesti berhati-hati dalam membuat konten, terutama konten yang menyangkut hak cipta atau hal terlarang lainnya. Salah-salah langkah situs kita bisa dilaporkan secara sepihak oleh orang lain, dan ujung-ujungnya dihapus oleh Blogspot.


Simpulan

Wordpress Self Host dan Blogspot memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di balik itu semua, tidak semuanya baik dan juga buruk. Tinggal kita pilih saja platform apa yang kiranya sesuai dengan keadaan kita saat ini. 

Demikianlah pandangan atau opini saya terhadap 2 platform yang cukup populer di kalangan blogger - blogger personal seperti saya. 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Wordpress Self Host Vs Blogspot, Mana yang Lebih Baik?"

Berlangganan via Email