Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Efek Gradient / Gradasi Warna di Corel Draw

Corel draw adalah aplikasi editing desain grafis berbasi vektor yang cukup populer di seluruh dunia. Tentunya Corel draw tidak kalah jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti Adobe Photoshop. Hanya saja mungkin jenis penggunaanna akan berbeda. 

Di corel draw kita bisa membuat desain dengan bentuk apapun. Karena pada corel draw sendiri terdapat yang namanya tool-tool seperti Rectangle Tool, Ellipse Tool, dan Polygon Tool. Dengan menggunakan tool tersebut kita dapat dengan mudah membuat desain grafis dengan bentuk yang bermacam-macam. 

Hanya saja, apabila latar belakang kamu adalah sebagai User Photoshop maka kamu akan kebingungan saat menggunakan Corel Draw (sama seperti saya). Salah satu yang saya bingungkan adalah tidak adanya Layers Objek yang berguna sebagai pemilihan objek yang kita inginkan. 

Sebetulnya bukan tidak ada, hanya saja mesti kita buka manual melalui object manager. Berbeda dengan photoshop yang jendela layers nya sudah tersedia secara otomatis. 

Terlepas dari itu semua, salah satu hal yang saya suka dari aplikasi desain grafis Corel draw ini adalah kita bisa membuat sebuah gradient / gradasi warna pada objek yang kita buat. 

Apa itu Gradasi Warna?

Secara sederhana gradasi warna atau color gradient merupakan suatu campuran antara 2 warna yang masing-masing saling berlawanan hingga menghasilkan suatu gradasi (campuran warna) dari warna 1 ke warna 2.

Jadi, dengan adanya gradasi warna seperti ini maka objek yang kita buat tidak selalu memakai 1 warna yang bisa dibilang membosankan, melainkan menggunakan 2 warna yang menghasilkan gradasi.

Berikut adalah contoh penggabungan 2 warna antara warna Ungu dengan Merah. Sehingga menghasilkan warna seperti ini. 
Cukup keren bukan?

Cara Membuat Gradasi Warna pada Objek di Corel Draw

Untuk membuat efek gradient seperti contoh di atas sebetulnya mudah bin gampang sekali. Karena tidak diperlukan langkah-langkah yang sulit. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu tiru.
  1. Langkah pertama pastikan aplikasi Corel Draw sudah terinstal dengan baik di komputer / laptop kamu. Untuk versi corel drawnya sendiri bebas. Saya sendiri menggunakan Corel Draw versi 2018. 
  2. Selanjutnya buat sebuah dokumen dengan ukuran yang kamu inginkan. 
  3. Lalu buat sebuah kotak, lingkaran, persegi panjang, atau bentuk yang kamu inginkan dengan ukuran bebas. 
  4. Kemudian pilih tool bernama Interactive Tool.
  5. Setelah itu tarik garis pada objek yang ingin kamu beri efek gradasi dengan arah garis menyesuaikan. 
  6. Nah sudah terlihat efek gradasinya. Hanya saja warna yang dihasilkan kurang menarik. Maka dari itu kita perlu mengubahnya.
  7. Klik kotak warna yang tersedia (node color). Lalu pilih warna yang kamu inginkan. 
  8. Selesai deh.

Penutup

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat efek gradasi pada objek di corel draw graphic suite. Agar efek gradasi yang kamu hasilkan bisa lebih bagus, ada baiknya melihat contoh-contoh desain dengan efek gradient di google. Dengan begitu kamu jadi punya gambaran mengenai campuran warna yang bagus. 

Saya sendiri menggunakan teknik gradient ini sebagai pembuat background untuk desain yang saya buat. Selain background, tidak jarang objek bentuk pun sering saya kasih efek gradasi. Tujuannya sih biar gak monoton satu warna saja wkwk. 

Yaps mungkin segitu dulu yang bisa saya bagikan di pagi hari yang cukup cerah ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Efek Gradient / Gradasi Warna di Corel Draw"

Berlangganan via Email