Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Watchlist Saham di MS Excell Update Otomatis

Saat ini aktivitas trading maupun investing saham mulai digandrungi masyarakat Indonesia. Banyak pemula, termasuk saya yang mulai berani menjejakan kaki di dunia saham. Meski pada awalnya saya kurang begitu mengerti dengan konsep serta mekanisme saham, mulai dari penjualan dan pembelian saham, maupun hal-hal yang memengaruhi pergerakan harga-harganya.

Namun sedikit demi sedikit, setelah belajar dari beberapa blog dan channel youtube saya mulai memiliki sedikit pengertian dengan konsep saham. Meskipun tidak begitu banyak yang saya pahami. Namun, untuk pondasi dasarnya sudah mengerti sedikit-sedikit.

Sebelumnya, saya sudah berinvestasi di instrumen reksadana. Reksadana ini adalah instrumen investasi yang pertama kali nya saya coba. Dengan deposit awal sebesar 100 ribu rupiah, dan saat harga turun sedikit langsung panik wkwk. Maklum waktu awal saya belum terlalu mengerti kalau pergerakan harga reksadana, dalam hal ini reksadana saham memiliki volalitas yang sangat tinggi.

Sehingga wajib hukumnya bagi kita untuk memiliki mental jangka panjang. Alias selalu melihat investasi yang kita lakukan akan kita rasakan dalam jangka waktu yang panjang. Bisa 5-10 tahun.

Di postingan sebelumnya pun saya sudah pernah membahas hal yang berkenaan dengan reksadana, dengan judul artikel Cara Menabung Reksadana di HP dengan Aplikasi Bibit.

Yap betul. Dalam berinvestasi reksadana saya menggunakan Bibit sebagai agen penjualan reksadana nya. Alasannya, di Bibit jumlah minimal untuk berinvestasi nya cukup kecil yakni 100ribu rupiah saja. Selain itu, terdapat teknologi bernama Robo Advisor yang dapat memberikan rekomendasi reksadana pada kita, tentunya berdasarkan profil resiko kita.

Nah di postingan ini, saya ingin membahas mengenai saham. Karena kebetulan saat ini saya mulai terjun ke saham langsung. Jadi, sekalian belajar sekaligus sharing-sharing maka tidak ada salahnya membagikan salah satu trik yang mungkin bisa juga kamu tiru sebagai investor maupun trader.

Trik ini berupa membuat daftar harga saham pilihan kamu di aplikasi Microsoft Excell. Tentunya, harga-harga yang muncul akan update secara otomatis mengikuti aslinya.

Dengan demikian saya rasa akan lebih praktis dan hemat waktu untuk mengecek keseluruhan harga pada emiten saham yang telah kita beli. Kurang lebih seperti inilah watchlist emiten saham yang telah saya buat di Microsoft Excell. 

Jangan liat total investasinya guys, itu cuma permisalan aja wkwkwk. Belum berani saya nyimpen uang banyak-banyak di saham, karena ilmu dan mental masih belum mendukung hehe.

Nah lalu gimana sih untuk membuat tabel watchlist emiten saham seperti gambar tersebut?

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar tersebut tepatnya di sebelah kan terdapat "Add-On" bernama Stock Connector. Add-On ini bisa kamu instal gratis di Microsoft Excell dan berguna untuk mengambil data-data pergerakan harga emiten saham, yang tentunya harga-harga tersebut diambil dari Bursa tempat saham tersebut diperjual belikan.

Untuk langkah-langkahnya, berikut adalah tutorial yang bisa kamu ikuti. Cukup Mudah :D

Cara Membuat Watchlist Saham di MS Excell Update Otomatis

  1. Langkah pertama buka aplikasi Microsoft Excell di Komputer / Laptop kamu. Dalam kasus ini saya menggunakan Ms. Excell tahun 2016.
  2. Jika sudah, masuk ke menu Insert, lalu pilih Get Add-ins.
  3. Pada kotak pencarian silahkan cari Add-ins bernama "Stock Connector". Lalu klik Add.
  4. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan kalau Add-ins tersebut sudah terinstal. 
  5. Untuk menggunakannya kamu tinggal klik Launch.
  6. Setelah Stock Connector terbuka, silahkan masukan kode emiten saham yang ingin kamu ketahui harganya pada kotak Enter a stock or currency.

    Misalnya saya ingin mengetahui harga saham BCA, maka saya mengetikan kode BBCA dengan akhir -IJ.

    Kenapa harus berakhiran -IJ ? Karena untuk membedakan apabila terdapat kode emiten saham yang sama, maka diberikan akhiran -IJ. Saya sendiri kurang tau -IJ itu apa, kemungkinan besar sih berhubungan dengan Indeks Saham Indonesia.
  7. Setelah kamu mengetikan BBCA-IJ klik Connect, setelah itu akan langsung muncul dialog untuk memilih di cell mana kamu ingin meletakan harga sahamnya. Misalnya saya ingin meletakan di B3, maka tinggal kita klik menggunakan Cursor Mouse kita posisi Cell yang diinginkan.
  8. Selesai dehh!

Penutup

Untuk mengupdate harga-harga saham pada watchlist yang telah kita buat, maka kita tinggal buka saja file Excell nya, maka harga saham akan update mengikuti harga saat ini. Tentu saja kita wajib memiliki koneksi internet untuk terhubung ke server atau apalah namanya wkwk.

Sejatinya saham adalah investasi yang memberikan keuntungan paling tinggi sekaligus kerugian yang tidak kalah tingginya. Sesuai kata-kata "High Risk High Return". Tentu saja perlu bagi kita melakukan diversifikasi pada saham-saham kita. Caranya? Dengan tidak menaruh semua uang kita di 1 saham.

Yaps mungkin segitu dulu untuk postingan hari ini. Semoga bermanfaat.

Lain kali mungkin saya akan lebih sering menulis hal-hal mengenai saham, tentunya berdasarkan hal yang saya ketahui yang bersumber dari bacaan maupun tontonan yang saya lakukan. Insya Allah :)

Ohya trik di atas saya dapatkan dari tiktok ya guys wkwk.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Watchlist Saham di MS Excell Update Otomatis"

Berlangganan via Email