Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingin Menjadi Broker Saham? Ketahui Caranya

Zaman sekarang, broker saham sering terdengar menjadi salah satu profesi yang menghasilkan banyak uang. Pekerjaan ini memang cukup menjanjikan, namun tidak dapat dilakukan asal-asalan karena tidak akan menguntungkan anda dalam segi apapun. Sebelum memutuskan mendalami profesi ini, anda perlu menggali informasi-informasi mengenai broker saham secara mendalam agar anda bisa menjadi broker handal dan mendapatkan keuntungan yang optimal.

Pengertian Broker Saham

Broker saham adalah suatu pekerjaan yang menyediakan jasa sebagai pihak ketiga yang menghubungkan antara investor dengan pasar modal. Misalnya, jika seseorang ini membeli saham dari sebuah emiten sebaiknya tidak langsung membeli ke perusahaan atau ke pasar modal tersebut. Di sinilah peran seorang broker diperlukan karena menjadi jembatan yang menghubungkan investor dengan pasar modal untuk melakukan proses jual beli.

Tugas Broker Saham

Sebagai seorang broker yang menghubungkan antara investor dan  pasar modal atau perusahaan, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh broker. Berikut merupakan tugas-tugas yang harus dilakukan broker, yaitu:

- Broker bertugas untuk mengelola transaksi investasi saham milik investor sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan serta bertanggung jawab mengeksekusi transaksi jual beli saham.

- Memaparkan informasi yang jelas dan akurat mengenai pasar modal, saran-saran yang bisa dilakukan untuk membantu investor mengambil keputusan terbaik untuk investasi yang dilakukan. Broker juga harus memberikan konsultasi jangka pendek dan jangka panjang kepada klien serta mengelola dana investor pada saat melakukan jual beli saham.

- Melakukan riset untuk mendapatkan tren yang sedang terjadi di pasar modal dengan cara memantau gerakan pasar modal setiap saat. Broker juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi yang lengkap serta menganalisis nilai-nilai saham, mata uang asing, dan obligasi di lembaga keuangan seperti perusahaan asuransi, bank, serta perusahaan-perusahaan saham.

- Selalu mengetahui peraturan-peraturan terbaru untuk bisa mengikuti tren pasar yang sedang berlangsung.

- Melakukan pertemuan dengan klien atau investor untuk membahas portofolio saham milik investor, memberi saran, serta menjelaskan segala risiko yang akan dihadapi investor.

Kemampuan dan Pengetahuan yang Harus Dimiliki

Semua orang berkesempatan menjadi seorang broker yang handal dan mendapatkan banyak keuntungan. Namun ada beberapa kemampuan dan pengetahuan yang harus disiapkan untuk membuat anda menjadi broker yang berkualitas. Berikut adalah hal-hal yang krusial dipersiapkan sebelum menjadi broker saham.

- Kemampuan menganalisa ekonomi

- Kemampuan berkomunikasi

- Kemampuan melakukan pengarsipan

- Kemampuan berbahasa asing

- Pengetahuan mengenai saham dan bisnis

- Pengetahuan mengenai ekonomi dan manajemen

Jenjang Karir Broker Saham

Sebagai sebuah profesi, broker saham juga memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Namun, seperti halnya pekerjaan lain, semakin tinggi posisi dari suatu karir maka semakin besar juga tanggung jawab yang dimiliki. Jenjang karir dari broker saham dipaparkan sebagai berikut:

- Broker Saham Junior

Pada jenjang ini, para broker masih menjalani tahap pelatihan yang terdiri dari riset pasar dalam tren jangka pendek dan jangka panjang. Informasi yang diperoleh akan diolah menjadi laporan untuk investor.

- Broker Saham Senior

Ketika seorang broker saham telah memiliki banyak klien atau investor yang menyebabkan semakin banyaknya orang yang merekomendasikannya dalam melakukan transaksi jual beli saham. Dengan begitu, maka broker tersebut semakin disukai oleh investor-investor lain sehingga banyak mendapatkan keuntungan.

- Analisis

Pada jabatan ini, broker saham bertugas untuk melakukan riset harga saham dan melakukan perkiraan di masa depan sebagai informasi untuk para investor.

- Manajer Investasi

Posisi ini bertugas untuk melakukan transaksi jual-beli saham untuk membuat portofolio investasi.

Cara Menjadi Broker Saham

            Banyak orang tertarik dengan menjadi broker karena penghasilannya yang fantastis. Namun, tidak banyak yang mengetahui langkah awal menjadi broker yang handal. Berikut adalah cara menjadi broker untuk memiliki strategi yang baik:

- Mengikuti Pelatihan dan Seminar

Sebelum mendalami suatu pekerjaan, ada baiknya anda memahami hal-hal dasar yang diperlukan dalam melakukan deskripsi pekerjaan tersebut. Anda bisa menggunakan jasa pelatihan dan seminar dari orang-orang yang sudah berpengalaman untuk memahami hal-hal mengenai broker saham.     

Setelah mengetahui langkah-langkah memulai broker saham, anda bisa mempelajari strategi-strategi yang tepat agar mengoptimalkan keuntungan yang akan anda dapatkan. Cara-cara yang bisa anda lakukan untuk memahami sistem pasar saham adalah mengikuti seminar dengan intens, pelatihan dengan giat dan rutin, serta membaca ilmu mengenai broker saham. Dengan memahami metode-metode yang tepat di berbagai situasi, maka anda bisa beradaptasi di sistem pasar saham dengan cepat.

- Membuat izin

Status broker tidak dapat disandang dengan sembarangan. Jika anda ingin menjadi broker handal dan terpercaya, anda harus membuat izin broker berupa sertifikasi profesi dari lembaga yang bersangkutan. Untuk mendapatkan izin tersebut, anda harus melakukan pelatihan dan ujian kompetensi yang bertujuan untuk membuktikan keahlian anda di bidang dunia broker saham.

- Daftarkan diri di perusahaan sekuritas yang resmi

Setelah itu, anda perlu mendaftarkan diri di perusahaan sekuritas yang resmi untuk menghindari tindak penipuan di dunia saham. Pendaftaran diri ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk yang bisa mengancam anda. Perusahaan-perusahaan sekuritas yang resmi dapat anda cek di Badan Pengawasan Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam).

- Modal yang cukup

Salah satu hal yang wajib dipenuhi adalah modal. Sebagai seorang broker, anda harus memiliki modal yang cukup untuk berinvestasi. Nominal yang diperlukan berbeda-beda tergantung peraturan negara dan suatu peraturan perusahaan sekuritas. Modal yang anda miliki sebaiknya berasal dari dana pribadi dan bukan uang pinjaman dari pihak lain.

- Memiliki bakat negosiasi

Sebagai broker, kemampuan negosiasi yang baik juga sangat diperlukan untuk mencari klien atau investor. Anda bisa mempelajarinya melalui broker profesional yang sudah berpengalaman, serta banyak berlatih berbicara untuk mempersiapkan diri berhadapan dengan investor saham.

Jenjang karir dan penghasilan yang didapatkan sangat menjanjikan, begitupun dengan usaha yang harus dikorbankan. Jika ingin menjadi broker saham, anda harus memahami informasi-informasi tersebut mengenai cara menjadi broker secara mendalam agar berhasil menjadi broker handal yang memiliki banyak investor.

Posting Komentar untuk "Ingin Menjadi Broker Saham? Ketahui Caranya"