Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Banjir Beserta Strukturnya

Di beberapa hari sebelumnya saya sudah pernah membahas hal berkenaan dengan teks eksplanasi, bisa dibaca di sini. Walaupun demikian, tema yang saya usung tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga diharapkan dapat memberikan kesan postingan yang lebih spesifik.

Di kesempatan kali ini saya berniat ingin sharing teks eksplanasi. Tema yang akan sama ambil adalah berkenaan dengan salah satu bencana alam yang kerap melanda wilayah Indonesia, terutama di Kota Jakarta. Bencana alam yang dimaksud adalah Banjir.
Ilustrasi banjir dari pixabay.com
Bagi yang belum tahu pengertian dari teks eksplanasi, mungkin saya perlu menuliskan sedikit penjelasannya.

Teks eksplanasi merupakan suatu jenis teks yang berisi informasi berupa sebab-akibat mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa bisa terjadi. Dalam tema teks eksplanasi kali ini kita menjelaskan pengertian dari banjir serta bagaimana proses terjadinya.

Berikut adalah contoh teks eksplanasi banjir yang telah saya tulis dengan jumlah paragraf yang berbeda-beda. Tidak lupa juga sayapun telah menyematkan struktur teksnya.


Contoh Teks 1

Pernyataan Umum

Banjir adalah suatu peristiwa alam berupa naiknya volume air hingga menggenangi dataran. Daerah dekat pesisir Sungai biasanya menjadi pusat langganan banjir ketika musim penghujan tiba. Apalagi jika lingkungan yang dimaksud tidak melakukan upaya-upaya pencegahan untuk menanggulangi banjir.

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan daerah yang jauh dengan Sungai pun beresiko terkena banjir. Banjir ini bisa terjadi akibat hujan yang terus menerus turun, hingga mengakibatkan saluran air penuh dan luber ke jalanan.

Sebab Akibat

Salah satu alasan kuat yang menjadikan sebab terjadinya banjir adalah tumpukan sampah. Tumpukan sampah yang tidak diolah dengan baik dan malah dibuang seenaknya (di sungai, saluran air, jalanan, dll), akan menimbulkan penyumbatan saluran air ketika musim penghujan tiba.

Tentu saja jika hal ini terus dibiarkan akan menimbulkan dampak yang serius. Mulai dari timbulnya penyakit sampai ke peristiwa Banjir susulan yang cukup parah.

Hal tersebut bisa kita buktikan dengan melihat kasus banjir di pemukiman pesisir bantaran kali Ciliwung. Daerah tersebut seringkali mengalami banjir jika intensitas hujan cukup tinggi.

Upaya pemerintah dan masyarakat cukup dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan ini. Jika tidak segera diatasi, maka tinggal menunggu dampak serius yang kemungkinan akan muncul.

Kesimpulan

Banjir tentu dapat menyerang kawasan pesisir sungai, tidak menutup kemungkinan daerah yang jauh dari sungai pun dapat mengalami banjir.

Maka dari itu marilah kita berusaha melakukan pencegahan sejak dini agar terhindar dari banjir. Cara termudah untuk dilakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta mengajak teman mengolah sampah dengan benar.

Dengan begitu diharapkan dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan terbebas dari banjir.


Demikianlah contoh teks eksplanasi mengenai banjir yang bisa saya bagikan. Mohon maaf apabila kata-kata yang digunakan dalam teks tersebut kurang panjang, soalnya kalau kepanjangan jadi pada malas baca wkwk.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Banjir Beserta Strukturnya "

Berlangganan via Email