Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6+ Cara Membiasakan Diri Agar Bisa Disiplin dan Konsisten

Salah satu hal yang menjadi permasalahan bagi sebagian orang adalah sulitnya menerapkan kebiasaan disiplin dan konsisten terhadap suatu pekerjaan / karir yang sedang dijalani.

Kenapa bisa sulit? Apakah sesulit itu dalam menerapkan kedisiplinan pada diri?

Berbicara mengenai sulit atau tidaknya menerapkan sebuah kebiasaan, tentu tidak terlepas dari kebiasaan lama apa yang selama ini melekat pada diri yang bersangkutan.

Jika kebiasaan lamanya adalah sering rebahan, malas-malasan, begadang, main game terus, dan lain-lain; tentu akan lebih sulit menerapkan kebiasaan baru berupa kedisiplinan, yang di mana hal tersebut akan berlawanan dengan kebiasaan lama.

Lalu, seberapa penting sih menerapkan kebiasaan baru berupa kedisiplinan itu?

Tentu sangat penting, dengan catatan kembali lagi dengan melihat kehidupan yang saat ini Anda jalani. Apabila selama ini Anda merasa nyaman dan tidak ada masalah dengan hidup Anda, menerapkan kebiasaan baru mungkin tidak Anda perlukan.

Sedangkan apabila Anda merasa ingin ada kemajuan atau suatu perubahan, tentu harus ada kebiasaan baru, yaitu berupa kedisiplinan. Dan hal tersebut wajib diterapkan secara konsisten terus-menerus.

Lantas bagaimana sih cara yang baik untuk membiasakan diri agar bisa disiplin dan konsisten terhadap suatu pekerjaan?

Bagaimana Cara Membiasakan Diri Agar Bisa Disiplin dan Konsisten


  1. Buat Sebuah Komitmen
    Komitmen adalah suatu perjanjian atau aturan yang dibuat oleh seseorang agar suatu aktivitas dapat dijalani sesuai dengan yang dibicarakan diawal (komitmen).

    Apabila Anda menginginkan suatu kebiasaan baru yang positif melekat pada diri Anda, tentu Anda sendiri harus bisa membuat sebuah komitmen. Dalam artian, Anda berjanji pada diri untuk melakukan suatu hal dengan sungguh-sungguh dalam jangka panjang. 
  2. Tentukan Alasan 
    Tentukan sebuah alasan mengapa Anda ingin menerapkan kebiasaan ini? Apakah karena ingin ada perubahan? suatu kemajuan? atau hal lain?

    Jika Anda berusaha menerapkan suatu kebiasaan tanpa mempertimbangkan alasannya apa, tentu di tengah jalan Anda akan kehabisan semangat dan ditakutkan akan kembali ke kebiasaan lama.

    Oleh karena itu, tentukanlah dari sekarang apa alasan Anda ingin berubah / disiplin? 
  3. Tentukan Motivasi yang Kuat
    Motivasi bisa berupa apa saja. Misalnya; wanita yang dicintai, orangtua, atau anak mungkin?

    Motivasi sangat dibutuhkan dalam segala aspek, termasuk dalam menerapkan kedisiplinan pada diri sendiri.

    Motivasi juga sangat penting, mengingat dalam mengubah kebiasaan lama ke kebiasaan baru itu perlu waktu yang tidak sedikit. Dan selama proses itu berlangsung pasti akan ada rasa bosan dan jenuh dalam pikiran. Nah, dalam hal inilah motivasi sangat amat diperlukan guna menyadarkan diri agar kembali melakukan proses tersebut. 
  4. Bulatkan Tekad
    Apabila Anda sudah punya alasan, komitmen, dan motivasi yang kuat untuk melakukan sesuatu. Langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu membulatkan tekad.

    Jika tekad sudah bulat, tentu Anda akan lebih mudah dalam menjalani kebiasaan baru ini. 
  5. Lakukan hal ringan
    Hal ringan di sini maksudnya adalah hal yang selama ini Anda anggap tidak penting untuk dikerjakan, maka wajib Anda kerjakan.

    Apa sih contoh hal ringan itu?

    Seperti misalnya jika di pagi hari Anda bangun tanpa merapikan tempat tidur, maka Anda bisa memulai kebiasaan disiplin dengan membereskan tempat tidur itu. 
  6. Jangan Tunda Pekerjaan
    Jangan pernah sekali-sekali menunda pekerjaan. Karena hal tersebut akan berujung pada kemalasan yang melekat pada diri.

    Apabila dalam pikiran Anda terdapat keinginan untuk mengerjakan suatu pekerjaan, maka kerjakanlah saat itu juga, jangan pernah menundanya dengan alasan apapun.
  7. Nikmati Prosesnya
    Dalam membentuk suatu kebiasaan baru yang positif, tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, melainkan ada proses yang mesti dijalani. Mie instan saja yang katanya instan mesti dimasak dulu pakai air panas, baru bisa dinikmati.

    Nah, selama proses itu berlangsung, sebaiknya Anda tidak mudah tergoda dengan hal-hal yang bisa memicu Anda kembali ke kebiasaan lama. Sebab, bagi saya hal tersulit dalam mengubah kebiasaan adalah hal-hal yang mungkin sudah biasa kita lakukan, malah kita lakukan, walaupun itu tidak baik. Misalnya : Begadang, Main Game tidak ingat waktu, dll.

Kesimpulan

Tidak ada orang sukses di dunia ini tanpa kedisiplinan. Dan saya sangat meyakini bahwasannya semua orang atau sebagian orang sukses pasti memiliki rutinitas yang memaksa mereka untuk selalu melakukan suatu hal, meski mereka bosan dan lelah melakukan hal tersebut.

Selanjutnya, keadaan yang memaksa itulah yang akan menjadi pemicu terbentuknya suatu kebiasaan / habit untuk disiplin yang nantinya melekat pada seseorang. Dan apabila suatu kebiasaan sudah melekat, maka akan lebih mudah dalam melakukan hal yang diinginkan.

Posting Komentar untuk "6+ Cara Membiasakan Diri Agar Bisa Disiplin dan Konsisten"

Berlangganan via Email