Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3+ Contoh Pidato Perpisahan SD Kelas 6 Untuk Ujian Praktek

Pada saat menginjak Kelas 6 SD semester akhir, biasanya para siswa sering diberikan suatu Ujian Praktek dari berbagai mata pelajaran. Jika di pelajaran Agama maka diharuskan menghafal surat-surat pendek atau gerakan solat. Di pelajaran Seni Budaya biasanya diharuskan membuat karya seni, yah minimal dari tanah liat wkwk.

Seingat saya ketika kelas 6 dulu, ujian prakteknya cuma Praktet Solat untuk pelajaran Agama Islam. Dan untuk pelajaran yang lain saya lupa sepertinya wkwk. Maklum sudah 7 tahun yang lalu, tepatnya pas tahun 2012 saya duduk di kelas 6. Eh kok malah jadi curhat :v

Suatu ketika di malam hari saya sedang iseng mencoba searching di google dengan keyword "Contoh Pidato Perpisahan". Dan ketemulah rekomendasi kata kunci dari google yaitu pidato perpisahan SD Kelas 6 untuk ujian praktek.

Seketika itu pula saya langsung mengingat kembali masa-masa di bangku kelas 6, dan terbesit pertanyaan di pikiran saya "Loh memang ada ya ujian praktek kelas 6 itu disuruh membuat dan membacakan naskah pidato?". Perasaan saya dulu tidak ada buat-buat pidato segala macam. Paling-paling disuruh bayar uang perpisahan doang. Atau mungkin SD saya saja yang beda sendiri? Atau istilahnya kudet wkwk.

Atas dasar itulah saya membuat postingan ini. Ya itung-itung bernostalgia sekaligus berbagi pengalaman dengan adik-adik saya yang saat ini masih duduk di bangku kelas 6.

Oke biar tidak kebanyakan basa-basi, mending langsung menuju poin utama dari postingan ini. Check it Out!

Contoh Pidato 1


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDN Angsau 4,

Yang terhormat bapak dan ibu guru,

Yang terhormat para orang tua murid, serta teman-temanku sekalian yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt. Karena atas berkat rahmatnya kita dapat berkumpul di sini. Tak lupa pula shalawat dan salam kita curahkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad SAW.

Terima kasih kepada para hadirin yang telah hadir di ruangan ini yang telah meluangkan waktu diacara perpisahan kelas 6. Hadirin yang saya hormati Saya sebagai siswa kelas 6 mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing, mendidik dan mengajari kami selama 6 tahun.

Kami memohon maaf kepada Bapak dan Ibu guru atas tindakan dan tingkah laku kami yang tidak berkenan di hati Bapak dan Ibu guru selama 6 tahun ini. Kami juga meminta doa restu untuk melanjutkan kejenjang SMP dan semoga kami mendapatkan SMP terfavorit dan dapat mencapai tujuan dan cita-cita kami.

Kami kelas 6 berpesan kepada adik-adik kelas kami agar semakin giat belajar, dan railhah cita-cita kalian setinggi mungkin. Gantungan semangatmu setinggi langit. gapailah mimpimu tanpa putus asa. Teman-teman sekelas kami kini tidak bersama-sama lagi.

Beberapa dari teman-teman memilih sekolah yang berbeda. Sedih memang, namun perpisahan ini tetap harus di lalui. Semoga kami tetap suatu hari bisa bertemu lengkap dengan cerita dan kenangan manis.

Demikian pidato singkat dari saya, marilah kita berdoa agar para guru kita yang telah mengajari kita selama enam tahun ini senantiasa selalu ada dalam lindunganNya. Dan untuk teman-temanku kelas 6, semua yang telah kita alami bersama marilah kita jadikan sebuah cerita indah yang akan menjadi kenang-kenangan untuk selamanya. Apabila terdapat kekurangan dan kata-kata yang tidak berkenan dalam pidato saya, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sumber : https://brainly.co.id/tugas/1424648
Ditulis oleh : Cutmeutiaannis

Contoh Pidato 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru; Yang terhormat para tamu undangan; Kawan-kawanku Yang berbahagia.

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-nya kepada kita. Pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul pada perayaan Perpisahan kelas 6.

Guru-guru dan Teman-teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di Sekolah ini. Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat Guru-guru yang telah mengajari kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba.

Setelah enam tahun kami belajar bersama Bapak/Ibu Guru, saya selaku perwakilan dari kelas enam mengucapkan terima kasih dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kita semua yang telah memberi motivasi kepada kami semua.

Untuk teman-teman semua, meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita kalian

Akhir kata, saya dan teman-teman ingin mengucapkan Selamat tinggal pada sekolah ini dan Kami tidak akan melupakan sekolah ini.

Sekian dari saya.Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumber :  https://brainly.co.id/tugas/2455289
Ditulis Oleh : dilafara123

Contoh Pidato 3
Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Yang saya hormati pula Bapak dan Ibu Guru Serta teman-teman sekalian yang saya cintai.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita kesehatan sehingga bisa bertemu disini

Hadirin yang saya hormati, saya sebagai perwakilan teman-teman siswa kelas 6 ingin menyampaikan kesan dan pesan selama menuntut ilmu di sekolah ini. Selama kami belajar disini, Bapak serta Ibu Guru selalu membing kami dengan penuh kesabaran. Dari yang tidak tahu, menjadi tahu, dan menjadi penuh sopan santun. Semoga semua ilmu yang telah diberikan menjadi bekal bagi kami untuk menghadapi kehidupan pada masa yang akan datang.

Tak lupa pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Bapak dan Ibu Guru atas Jasa yang telah engkau berikan. Kami menyadari bahwa disengaja atau tidak, kami sering melakukan kesalahan. Oleh karena itu, kami mohon maaf yang setulusnya.Kepada adik-adik kelas yang kami cintai. Tak akan lelah kami berpesan agar selalu belajar dengan rajin dan mematuhi nasihat para guru, karena itu sangat penting demi kebaikan kalian sendiri.

Hadirin yang saya hormati, demikian yang dapat kami sampaikan. Kami mohon doa dan restunya agar kami dapat melanjutkan kehidupan, mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik dan meraih cita cita kami.

 Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih, Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf.

Wabillahitaufik walhidayah Wassalamualaikum Wr. Wb

Sumber : https://brainly.co.id/tugas/2289343

Mungkin cukup sekian yang bisa saya bagikan di malam hari yang agak mendung ini. Semoga bisa berguna bagi kamu yang sedang mencari contoh pidato perpisahan untuk ujian praktek besok wkwk.

Ada tips agar kamu bisa membaca teks pidato tanpa melihat naskah. Salah satu tipsnya adalah dengan menganggap naskah pidato tersebut adalah ucapan kamu sendiri. Jadi, jangan dihapal melainkan dipraktekan langsung layaknya kita ngomong ke orang.

Oke terima kasih.

Posting Komentar untuk "3+ Contoh Pidato Perpisahan SD Kelas 6 Untuk Ujian Praktek"

Berlangganan via Email