Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Shutdown Laptop / Komputer Otomatis dengan Wise Auto

Saat ini laptop merupakan sebuah barang wajib yang mesti dimiliki guna menunjang segala aktivitas yang berkaitan dengan koneksi internet. Selain itu, keberadaan laptop pun berguna sebagai alat untuk segala jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pengetikan, perhitungan, ataupun pengolah data-data berbasis digital.

Pada suatu kondisi tidak jarang kita melakukan pekerjaan di depan layar monitor sampai lupa waktu hingga larut malam. Alhasil, kita tertidur dengan keadaan laptop masih menyala.

Hal tersebut bukanlah suatu hal aneh, bahkan bisa dikatakan sangat umum terjadi. Sebab, banyak sekali para pekerja kantoran maupun freelancer dengan sistem deadline, di mana hal tersebut memaksa mereka untuk menyelesaikan pekerjaan tepat sebelum waktu yang ditentukan.

Ketika tenggat waktu yang ditentukan sudah dekat, maka mau tidak mau kita mesti secepat mungkin menyelesaikan pekerjaannya. Tidak peduli sampai harus mengorbankan waktu tidur.

Jika kebiasaan tersebut sering dilakukan, ternyata akan membawa dampak buruk. Selain kondisi kesehatan tubuh terganggu, laptop yang sering tidak dimatikan pun cenderung akan menurun kinerjanya, terutama pada kesehatan baterai.

Akan tetapi kita bisa mengakali hal tersebut dengan menerapkan sebuah otomatisasi shutdown pada laptop yang kita miliki.

Sehingga apabila kita ketiduran lagi saat di depan laptop, maka kita tidak akan perlu lagi khawatir pada laptop yang belum dimatikan. Sebab, dengan mengaktifkan shutdown otomatis ini maka dengan sendirinya laptop akan nonaktif.

Pakai aplikasi apa ?

Untuk menerapkan shutdown otomatis pada laptop, sebetulnya kita tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun. Karena di komputer dengan OS Windows sendiri sudah tersedia fitur untuk mematikan komputer secara otomatis. 

Hanya saja, kemungkinan besar sobat akan sedikit bingung dalam penerapannya. Sebab langkah yang dilakukan bisa dibilang manual yang di mana memaksa kita mengetikan sebuah kode perintah dengan angka-angka yang perlu kita hitung. 
Nah, daripada pusing dan ribet pakai cara manual, lebih baik kita beralih ke cara yang otomatis. 

Cara otomatis ini menggunakan sebuah aplikasi bernama Auto Wise. 

Tapi tenang saja sob. Aplikasi auto wise ini tidak memerlukan space yang cukup besar, karena hanya berukuran sebesar 1.72 MB.

Apabila sobat tertarik, silahkan download aplikasi tersebut melalui link berikut ini.


Untuk tata cara penggunaannya, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Shutdown Laptop Otomatis dengan AutoWise

  1. Langkah pertama pastikan sobat telah mendownload dan menginstal aplikasi Auto Wise di PC atau Laptop sobat. 
  2. Jika sudah silahkan langsung dibuka saja aplikasinya.
  3. Pada tampilan awal aplikasi, sobat akan melihat beberapa pilihan yang bisa sobat gunakan. Mulai dari Shutdown, restart, hibernate, ataupun sleep otomatis. Hanya saja di postingan ini kita pilih saja fitur Shutdown otomatis.
  4. Pilih metode shutdown yang ingin sobat gunakan. Namun di sini saya menggunakan fitur From now karena lebih gampang. Silahkan atur durasi kapan laptop akan dimatikan. Sebagai contoh, laptop saya ingin dimatikan 30 menit dari sekarang. Maka saya menetapkan waktu 30 menit.

  5. Jangan lupa ceklis tulisan Please remind me 5 minutes before the task is executed. Yang berguna sebagai pengingat 5 menit sebelum laptop benar-benar dimatikan.
  6. Terakhir klik Start Task. 
  7. Selesai!

Penutup

Dengan menggunakan aplikasi Wise Auto Shutdown ini maka kita bisa dengan mudah mengatur laptop agar bisa shutdown, restart, ataupun sleep secara otomatis sesuai dengan waktu yang kita inginkan. 

Sebagai info tambahan, aplikasi ini bersifat gratis alias sobat tidak diwajibkan melalukan pembelian aplikasi di situsnya. Tinggal download lalu pakai. 

Kurang lebih begitulah cara saya agar laptop dapat shutdown secara otomatis tanpa perlu saya matikan sendiri. 

Semoga berguna.

Posting Komentar untuk "Cara Shutdown Laptop / Komputer Otomatis dengan Wise Auto"

Berlangganan via Email