Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Dampak Negatif Menyalakan AC Terlalu Lama, Waspada!

AC saat ini menjadi teknologi yang seakan wajib dimiliki oleh setiap orang. Alasannya tentu saja kita tau kalau Indonesia masuk ke dalam daerah tropis yang berarti hanya memiliki dua musim, yakni, musim hujan dan musim kemarau.

Saat musim kemarau tiba maka saat itu pula udara akan bertambah panas dan gerah. 

Bagi kamu yang tinggal di daerah dataran tinggi seperti Bandung, Cimahi, Garut, dan sebagainya, mungkin tidak terlalu merasakan panas yang dirasakan oleh orang yang tinggal di dataran rendah.

Dataran rendah yang terkenal dengan udaranya yang panas adalah Jakarta, Bekasi, dan Karawang. Ketiga wilayah tersebut bisa saya katakan merupakan daerah terpanas wkwk. Meski tidak menutup kemungkinan ada daerah lain yang lebih panas. Namun bagi orang yang belum terbiasa pasti akan gerah kalau disuruh tinggal di sini hahaha.

Ohya, bahkan ada yang bilang kalau Bekasi itu bukan nama kota, melainkan nama Planet, karena saking panasnya wkwkwk.

Nah dari permasalahan udara panas inilah maka para tukang AC mengincar para calon konsumennya dengan diiming-imingi ruangan dingin. 

AC memang dapat mengubah udara pada suatu ruangan menjadi lebih dingin, sehingga kita dapat nyaman tinggal di ruangan tersebut. 

Namun, jika terlalu lama berada dalam ruangan AC maka bukan tidak mungkin muncul beberapa dampak buruk yang mengincar kita.

Apa sajakah itu? yuk kita bedah satu-satu.

3 Dampak Negatif Menyalakan AC Terlalu Lama, Waspada!

1. Berdampak pada Kesehatan

Dampak pertama yang mungkin akan kamu alami setelah berjam-jam di ruangan adalah berkurangnya kelembaban kulit. Selain itu, tubuh kamu pun akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), sehingga dua hal tersebut akan memicu kekeringan pada kulit. Jika kulit telah mengalami kekeringan maka produksi selaput lendir pun otomatis akan berkurang.

Dampak kesehatan lainnya adalah mudah lelah, sesak napas, dan berkurangnya sistem imun tubuh karena udara segar perlahan berkurang tergantikan oleh udara dingin buatan yang dihasilkan oleh AC.

2. Boros Listrik

Rata-rata daya yang dibutuhkan untuk menyalakan AC bervariasi, mulai dari 225 sampai 920 watt. Penggunaan yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kebutuhan akan membuat tagihan listrik kamu membengkak.

Sudah bukan rahasia umum kalau AC menjadi penyebab tagihan bulanan listrik tinggi. Apalagi jika AC nya dinyalakan 24 jam terus menerus tanpa henti, bahkan ketika digunakan. 

3. Kerusakan AC

Dampak terakhir yang mungkin akan kamu alami saat menyalakan AC terus menerus dalam jangka waktu yang lama adalah kerusakan pada komponen AC. Kerusakan tersebut sangat bervariasi, mulai dari kebocoran freon AC, AC menjadi kurang dingin, AC mati sendiri, dan beberapa kerusakan lain yang wajib kamu waspadai.

Tentunya agar kamu terhindar dari ketiga dampak tersebut, wajib hukumnya untuk melakukan pencegahan sedini mungkin. Salah satu pencegahan yang mudah dilakukan yakni dengan mengurangi waktu penggunaan AC saat tidak digunakan. 

Yaps demikianlah artikel mengenai dampak negatif menyalakan AC terlalu lama yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "3 Dampak Negatif Menyalakan AC Terlalu Lama, Waspada!"

Berlangganan via Email