Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Blangko EKTP Asli atau Tidak di HP Android, Praktis!

Saat hendak membuat EKTP, biasanya kita dihadapkan pada sebuah problem yakni waktu pencetakan EKTP di Dukcapil atau Kantor Kecamatan cukup memakan waktu yang lama, terlebih jika kita tidak punya kenalan sama sekali dengan pegawai Dukcapil, dijamin kita akan sangat kesulitan mendapatkan informasi terkait EKTP yang telah kita buat.

Alhasil, dari problem tersebut kita menggunakan jasa calo EKTP "yang katanya" dapat mempercepat pencetakan Blangko EKTP kita tanpa menunggu lama. Tentu saja si calo EKTP biasanya sudah berpengalaman di bidang seperti ini, dan mereka memiliki kenalan orang dalam sehingga dapat dengan mudah membuat EKTP tanpa menunggu lama seperti orang-orang biasa kebanyakan (termasuk saya yang sampe 2 tahunan baru jadi wkwk, tapi ada sisi positifnya sih, EKTP punya saya jadi masih bagus fisiknya, sedangkan punya teman-teman saya sudah pada pudar dan rusak wkwk).

Nah masalahnya adalah, terkadang (bisa iya bisa tidak) EKTP yang kita dapatkan dari calo tersebut bukan EKTP asli. Yang saya maksudkan adalah data EKTP nya tetap memakai data kita serta foto dan tandatangannya. Hanya saja, blangko ektp yang digunakan merupakan milik orang lain, jadi ditimpah dengan data ektp milik kita.

Tentu hal tersebut "bisa saja" terjadi walaupun kasusnya sangat jarang atau gak pernah terjadi. Dan tidak ada maksud menjelakan pihak-pihak yang terkait, serta saya sendiri tidak yakin kalau Calo seperti ini ada apa ngga wkwk. Namun untuk mengantisipasi sekaligus berjaga-jaga dari terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut, "Tidak ada salahnya" kita melakukan pengecekan pada Blangko EKTP yang kita miliki saat ini.

Tenang saja, untuk mengecek keaslian Blangko EKTP tidak memerlukan cara-cara yang belibet, apalagi mesti ke kantor Dukcapil yang ngantri mulu tiap hari wkwk. Kalau sekarang sih gatau, kayaknya sudah full online jadi gak perlu lagi.

Nah untuk melakukan pengecekan terhadap keaslian Blangko EKTP sebetulnya bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan sebuah smartphone Android.

Hanya saja, smartphone Android yang kita miliki HARUS dan WAJIB tersedia fitur NFC.

Apa itu NFC?

Secara sederhana NFC atau Near Field Communication adalah sebuah teknologi yang berguna untuk melakukan proses pengiriman atau penerimaan data dari suatu Perangkat NFC ke Perangkat NFC lain dengan jarak yang cukup dekat, sesuai namanya Near Field Communication. 

Karena penggunaan NFC ini mesti dari jarak dekat, terkadang kita mesti menempelkan perangkat kita satu sama lainnya.

Lalu apa hubungannya NFC dengan mengecek keaslian Blangko EKTP?

Nah ternyata teknologi NFC pada smartphone kita dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apakah blangko pada EKTP kita itu asli atau tidak. Tentunya bukan bermaksud berpikiran buruk atau apa, karena tidak ada salahnya bagi kita mengecek keorisinilan EKTP kita, terutama pada blangko yang digunaakn.

Lantas bagaimana cara melakukan hal tersebut? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dan praktekan, cukup mudah kok.

Cara Cek Keaslian Blangko EKTP di Smartphone Android.

  1. Langkah pertama download dan instal aplikasi bernama Cek Saldo Kartu Uang Elektronik. Yaps, jadi kita memanfaatkan teknologi NFC melalui aplikasi Cek Saldo wkwk. 
  2. Setelah diinstal, siapkan EKTP kita, serta pastikan kalau NFC pada Smartphone kita sudah aktif, jika belum tinggal klik Aktifkan NFC pada aplikasi tersebut.
  3. Jika NFC sudah aktif, tempelkan bagian belakang EKTP kita tepat pada bagian belakang HP.
  4. Jika berhasil nantinya akan muncul FOTO Ektp kita.
  5. Kalau EKTP nya asli tentu saja foto yang keluar akan sesuai dengan foto pada EKTP kita. Jika tidak, maka sebaliknya.
  6. Selesai, udah gitu doang sob hehe.

Kenapa Hal ini bisa terjadi?

Simpel aja, karena pada Kartu Tanda Penduduk Elektroni terdapat sebuah "data" yang dapat terbaca dengan teknologi tertentu, nah salah satunya kebetulan adalah NFC pada smartphone hp.

Dengan demikian maka saya rasa kita dapat bernapas lega karena sangat yakin seyakin-yakinnya dengan keaslian EKTP yang kita miliki :D

Yaps mungkin segitu dulu untuk postingan di pagi hari yang cerah ini. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Cek Blangko EKTP Asli atau Tidak di HP Android, Praktis!"

Berlangganan via Email