Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Atur Ukuran Dokumen Ms.Excell Agar Pas Saat Diprint

Microsoft Excell adalah aplikasi bawaan untuk membuat dan mengedit dokumen berupa table, bisa berupa table penjumlahan ataupun table biasa. Yang jelas Ms. Excell menjadi aplikasi pengeditan dokumen kantor paling populer di seluruh dunia.

Baca Juga : Cara Membuat Simbol Ceklis Silang di Microsoft Excell

Namun ada satu kendala, namun sangat mudah diatasi jika tahu caranya.

Kendala paling umum yang mungkin sering dialami pengguna Microsoft Excell adalah sulitnya membuat dokumen yang pas dengan ukuran kertas yang hendak diprint.

Maksudnya, terkadang dokumen excell yang telah kita buat dengan susah payah terdapat kendala saat diprint yakni ukurannya tidak sesuai dengan kertas, sehingga mengakibatkan dokumennya menjadi terpotong.

Dokumen Terpotong Karena Melebihi ukuran Kertas

Tentu saja kejadian ini wajar, mengingat microsoft excell memiliki pengaturan default pada margin print.

Nah hal yang mesti kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengatur ukuran margin tersebut menyesuaikan ukuran dokumen excell kita agar tidak terpotong.

Lalu caranya seperti apa? Yuk langsung saja :D

Cara Atur Ukuran Dokumen Ms.Excell Agar Pas Saat Diprint

1. Menggunakan Margin 

Untuk mengatur margin print, kamu bisa mengaturnya melalui print preview dan klik Page Setup.

Kemudian untuk pengaturannya saya biasa mengisi margin left & right dengan angka 0, dan margin top dengan angka 0,25 (agar tidak terlalu mepet). Tidak lupa juga agar dokumennya berada di tengah-tengah saya mencentang pilihan Horizontally.

Jika dokumennya masih terpotong dan belum ngepas, kamu bisa mengecilkan ukurannya pada menu Scalling dan turunkan dari ukuran 100% ke 80-75% (saya biasa di angka segitu).

2. Menggunakan Page Break Preview

Untuk cara kedua ini sebetulnya saya jarang pakai karena lebih suka pakai cara pertama yang menggunakan margin dan scalling. Tapi buat yang penasaran silahkan dicoba.

  1. Pergi ke menu View lalu klik Page Break Preview.
  2. Setelah itu geser garis pembatas antara page 1 dan page 2 ke kanan hingga menyatu jadi 1 halaman.
  3. Kemudian kamu ubah lagi tampilannya dari Page Break Preview jadi Normal.
  4. Terakhir silahkan coba print dokumen tadi dan kamu akan mendapati ukuran dokumen mu tidak terpotong karena sudah pas.
  5. Kamu pun bisa mengatur margin print nya agar ukurannya sesuai dengan yang kamu inginkna.
  6. Selesai.

Penutup

Demikianlah langkah-langkah untuk mengatur ukuran dokumen excell sebelum diprint agar ukurannya tidak terpotong / menyesuaikan dengan ukuran kertas yang hendak diprint. Entah itu A4, F4, atau A3. 

Ohya untuk mengatur ukuran kertas yang akan diprint mungkin akan saya share di lain kesempatan wkwk. Untuk saat ini mungkin itu dulu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Atur Ukuran Dokumen Ms.Excell Agar Pas Saat Diprint"

Berlangganan via Email