Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenapa Situs Tribunnews Selalu Muncul di Page 1 Google?

Kenapa situs berita semacam Tribunnews, Liputan 6, Detik, dan yang lainnya selalu muncul di halaman satu google untuk queri pencarian yang bukan berita? Bukan bermaksud menjelek-jelekan situs tersebut, hanya saja kurang relevan jika kita mencari Chord Gitar tapi yang muncul malah situs yang lebih pantas disebut sebagai penyedia berita terkini.

Ibaratnya sobat ingin menyembuhkan suatu penyakit nyeri tulang belakang yang selama ini sobat derita. Lalu sobat bertanya pada seseorang yang bisa dibilang tahu segalanya. Dan orang ini malah menyarankan sobat datang ke Orang Pintar, bukan ke Ahli Tulang.

Kurang lebih sih seperti itu kalau mau diibaratkan.

Sebetulnya saya tidak terlalu mempermasalahkan jika situs berita seperti yang tadi saya sebutkan selalu muncul di halaman 1 google untuk queri pencarian apapun.

Hanya saja agak kurang etis jika situs yang dengan jelas dari namanya saja ada kata news dan sudah terkenal dengan penyajian beritanya yang super cepat dan up to date. Tetapi malah menyasar ke pembahasan yang menurut saya bukan ranah mereka.

Dari kasus tersebut, saya bisa menyimpulkan kenapa situs berita Tribunnews, Liputan 6, Detik, Dan lainnya sering muncul, bahkan dengan kata kunci "Download Lagu" sekalipun.

Setidaknya, berikut adalah 3 alasan kenapa situs berita banyak bermunculan akhir-akhir ini di halaman 1 google.
  1. Otoritas Situs Mereka yang Terlampau Tinggi
    Jika sebuah situs memiliki Authority yang cukup tinggi, tentu saja akan lebih mudah dalam memenangkan Kata Kunci dengan persaingan berat di halaman utama google. Tidak peduli dengan kualitas konten. Bahkan bisa saya katakan, situs dengan authority yang tinggi tidak perlu lagi membuat artikel yang panjang dan lengkap, karena sudah pasti 100% bisa bertengger kokoh di halaman satu google, bagaimanapun bentuk artikelnya

    Ini pun yang dilakukan oleh Tribunnews dan lainnya. Mereka menyadari kebesaran situs mereka di internet, khusus nya di Indonesia. Atas bekal authority yang tinggi itulah mereka dengan semena-mena membabat habis seluruh Niche yang bahkan menurut saya sudah keluar dari tujuan utama situs tersebut dibangun.
  2. Update Konten Dengan Intensitas yang Tinggi
    Situs berita memang sangat terkenal dengan intensitas update postingan yang tinggi, bahkan setiap menit mereka update. Wajar saja karena situs berita semacam Tribunnews dan lainnya memiliki puluhan bahkan ratusan penulis khusus yang memproduksi tulisan yang siap untuk diterbitkan.

    Authority Situs sudah tinggi, ditambah intensitas update postingan yang super cepat, maka jangan heran jika kita mencari kata kunci apapun yang muncul ya situs itu-itu juga wkwk.

    Bisa dibilang sih Kapitalis.
  3. Permintaan Pasar
    Mereka mulai memahami dan mengikuti alur permintaan pasar. Di Indonesia, situs berita sudah cukup terlampau banyak, bahkan ada puluhan mungkin ratusan jika mau menghitung situs berita yang kecil-kecil, dan mungkin akan bertambah terus seiring dengan waktu :p Akan tetapi jumlah penikmat berita sepertinya segitu-gitu aja, tidak ikut bertambah seiring banyaknya situs berita yang bermunculan.

    Atas dasar itu mereka mulai mengubah haluan dari yang awalnya hanya menghadirkan berita-berita terkini, bertransformasi menjadi situs yang menyajikan konten tutorial bernapas, download lagu via vallen, cara menghilangkan jerawat, dan topik-topik lainnya yang sebetulnya sudah ada Situs yang Khusus membahas topik yang tadi saya sebutkan.

    Tidak percaya? coba saja sobat searching dengan kata kunci apapun. Pasti situs yang muncul tidak jauh dari nama-nama tersebut wkwk :v
Kenapa mereka melakukan itu? Ya alasannya sih cuma satu, agar situs tidak sepi. Sebab, jika situs sudah sepi maka pendapatan pun akan turun. Apabila pendapatan sudah turun maka terjadi pengurangan karyawan secara masif. Jika jumlah karyawan / penulis berkurang, maka produksi artikel / konten pun otomatis akan berkurang. Jika sudah begitu, ya tinggal menunggu waktu saja untuk situs tersebut kolaps atau tutup wkwk. 

Saya sih tidak menyalahkan, namanya juga hidup pasti penuh dengan persaingan. Entah itu di dunia nyata maupun di internet. 

Bahkan di hal-hal yang cakupannya tidak begitu luas seperti SEO (Search Engine Optimization) pun ada persaingannya. Kenapa saya bilang SEO tidak begitu luas? Karena hanya segelintir orang saja yang tahu, dan dari segelintir tersebut yang mau menekuni dan berfokus pada SEO hanya beberapa saja. 

2 komentar untuk "Kenapa Situs Tribunnews Selalu Muncul di Page 1 Google?"

  1. Nah emng bner bnget gan ,, mereka gak mntingin kualitas artikel ,, di tmbh page2 Ampe 5 halaman 😂😂dibpage 3 artikel lain pula 😂😂
    Btw mampir juga gan : https://bit.ly/2NWnepU

    BalasHapus
  2. Kualitas banget bahasan dan bahasa yang digunakan mas/mbak ini

    BalasHapus

Berlangganan via Email