Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4GB + Tips, Harga dan Step by Step

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen terpenting pada sebuah laptop ataupun komputer. Tanpa adanya RAM, kemungkinan besar laptop tidak akan berjalan dengan baik (tidak bisa menyala).

Ketika membeli laptop standar, biasanya kita akan diberikan kapasitas RAM bawaan sebesar 2 Gigabyte. Tentu saja bagi sebagian orang kapasitas RAM sebesar itu tidaklah cukup. Karena hanya mampu digunakan untuk membuka aplikasi-aplikasi ringan seperti Microsoft Word, Excell, dan juga browsing-browsing sebentar.

Jika dipaksakan untuk menjalankan aplikasi yang rada berat seperti Sony Vegas Pro, Adobe Premiere Pro, atau Adobe After Effect dapat dipastikan laptop tersebut akan langsung hang/ macet.

Saya sendiri pernah mengedit video menggunakan Sony Vegas Pro di laptop berkapasitas RAM 2 GigaByte. Ketika itu saya hanya ingin menjajal saja, sambil belajar sedikit-sedikit mengenai dasar pengeditan video.

Waktu awal-awal sih tidak ada masalah, namun ketika akan merender (proses menyatukan file edit menjadi file video) prosesnya cukup memakan waktu yang lumayan lama. Selain itu, laptop saya pun tidak bisa membuka aplikasi lain ketika proses rendering video. Mau tidak mau saya diamkan dan pasrah, seraya berdoa mudah-mudahan video hasil renderingnya tidak ada masalah hehe.
Image by : pixabay.com
Setelah itu saya pun bernisiatif untuk mengupgrade RAM laptop milik saya menjadi 4 GB. Awalnya saya ingin langsung upgrade ke 8 GB, supaya tidak tanggung. Namun saya membatalkan niat tersebut, karena setelah saya mencari informasi di google, laptop saya hanya mampu menampung RAM sebesar 4 GB saja.

Nah, bagi sobat yang kebetulan akan mengupgrade RAM laptop, ada baiknya mencari tahu apa saja yang mesti dilakukan ketika ingin melakukan penggantian RAM, terutama laptop?

Berikut adalah hal-hal yang mestinya dilakukan sebelum mengganti RAM laptop.

1. Persiapkan Budget / Uang

Harga RAM Laptop saat ini rata-rata berkisar antara Rp. 300.000 - 800.000. Tergantung dari kapasitas ram yang akan dibeli. Semakin besar kapasitas, maka semakin tinggi pula harga yang dipatok oleh penjual.

Nah, hal yang pertama mestinya sobat persiapkan adalah UANG untuk membeli RAM laptop. Sobat bisa survey harga ram laptop melalui toko online seperti bukalapak, tokopedia, dan lain-lain. Atau sobat juga bisa langsung turun menuju toko komputer terdekat di tempat tinggal sobat. Tentunya harga bisa berbeda-beda, tergantung dari penjual.

Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih penjual.

Salah satu cara untuk mengetahui penjual berkualitas adalah dengan melihat rating dari barang yang dijualnya. Jika ratingnya bagus, maka menandakan barang yang dijual pun bagus.

Begitupun sebaliknya.

2. Ketahui Jenis RAM Laptop

RAM laptop tidak semua sama, melainkan ada jenis-jenisnya. Sebagai contoh, Laptop Asus milik saya menggunakan jenis RAM DDR3. Sehingga, saya mesti membeli RAM laptop dengan jenis DDR3 ketika ingin menggantinya. Karena jika membeli RAM jenis lain tidak akan support.

Untuk mengetahui jenis RAM laptop, caranya cukup mudah. Kita hanya tinggal menginstal aplikasi bernama 'CPU Z', maka seluruh komponen komputer / laptop akan terlihat. Termasuk jenis ram yang digunakan.

Periksa berapa Kapasitas Maksimal RAM yang Bisa ditampung Oleh Laptop milikmu
Setiap laptop pasti memiliki batasan-batasan tertentu, termasuk Kapasitas maksimal RAM yang dapat ditampung oleh laptop.

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, awalnya saya ingin langsung menambah ram laptop menjadi 8GB. Namun ketika mengetahui batas maksimal ram laptop milik saya yang hanya mencapai 4GB, saya pun langsung batal membeli ram laptop 8GB.

Untuk melihat batas maksimum penambahan RAM Laptop, kita bisa menggunakan situs https://www.crucial.com. Lalu tinggal kita masukan jenis dan merek laptop yang kita miliki.

Setelah itu, akan langsung tampil informasi mengenai batas maksimal penambahan ram yang bisa kita lakukan.

3. Mencari Tutorial Membongkar Casing Laptop Sejenis

Sebelum saya melakukan penggantian ram, saya lebih dulu menonton video yang memperlihatkan pembongkaran casing laptop yang merek nya sama.

Hal tersebut berguna agar kita memiliki gambaran dan tidak salah saat melakukan pembongkaran, terutama jika harus mencabut-cabut kabel (biasanya jarang).
Memutuskan Membeli RAM

Setelah membaca beberapa hal yang sudah saya tulisa di atas, hal lain yang mesti sobat lakukan adalah langsung membeli RAM Laptop. Entah itu secara online atau langsung menuju Toko Komputer terdekat.

Namun saya lebih menyarankan untuk membeli RAM secara online, karena biasanya harga yang diberikan tidak terlalu mahal, bahkan jauh lebih murah ketimbang membeli di toko komputer.

Namun jika sobat tidak mau pusing, lebih baik membeli di Toko Komputer, plus meminta jasa pemasangan. Kemungkinan sobat akan dikenakan tarif tambahan. Hal itu tentu jauh lebih baik ketimbang melakukan kesalahan ketika memasang ram laptop sendiri.


Nah tadi sudah saya tuliskan beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum mengganti RAM Laptop.

Sekarang sudah saatnya kita masuk ke poin utama dari postingan ini; yaitu, Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4GB.

Silahkan simak step by step nya di bawah ini.
  1. Langkah pertama pastikan Laptop dalam keadaan tidak hidup.
  2. Pastikan kita sudah mengetahui di mana posisi RAM Laptop kita terpasang. Jika belum, silahkan browsing di google atau youtube dengan kata kunci 'jenis laptop (spasi) ram replacement'.
  3. Bongkar seluruh baut yang menempel, dan buka casing yang menutupi ram laptop.
  4. Buka RAM laptop yang masih terpasang dengan cara menggeser penahan yang berada di kiri dan kan ram tersebut. Dan secara otomatis RAM tersebut akan terlepas.
  5. Silahkan masukan RAM Laptop yang baru saja sobat beli. Dan masukan secara perlahan menggunakan jari dengan posisi persis menyesuaikan wadah RAM laptop tersebut.
  6. Jika sudah, pasang kembali casing laptop dan baut seperti semula.
  7. Terakhir, Nyalakan laptop dan silahkan lihat hasilnya.
  8. Jika proses booting berjalan lancar dan tidak ada masalah sampai ke tampilan desktop, menandakan proses penambahan ram telah berhasil.
  9. Untuk memastikan RAM laptop benar-benar bertambah atau tidak, sobat bisa melihatnya dengan klik Start => Klik kanan pada Computer => Klik Properties.
  10. Selesai!

Demikianlah langkah-langkah melakukan pergantian RAM Laptop yang saya ketahui dan berdasarkan pengalaman saya sendiri tentunya.

Apabila sobat ragu memasang RAM laptop seorang diri, ada baiknya menyuruh orang lain yang lebih ahli dibidangnya. Daripada salah nanti rusak hehehe.

Tapi, jika sobat cukup nekat seperti saya. Lebih baik dilakukan sendiri. Hitung-hitung cari pengalaman dan ilmu hehehe :)

Tidak terasa saya ngetik lumayan panjang. Yahh semoga bermanfaat saja buat yang membaca.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4GB + Tips, Harga dan Step by Step"

Berlangganan via Email