Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Shazam Untuk Mengetahui Judul Lagu dengan Mudah

Pada saat kita sedang berada di suatu tempat seringkali kita mendengar alunan sebuah lagu yang cukup enak di telinga. Namun kita tidak tahu menahu apa judul dari lagu tersebut. Cara klasik untuk mencari judul lagu pun dilakukan, yaitu dengan mengetikan salah satu potongan lirik yang kita dengar pada lagu tersebut di google ataupun di youtube.

Akan tetapi cara klasik seperti itu biasanya seringkali tidak memberikan hasil yang optimal. Apalagi jika lagu yang dimaksud menggunakan lirik berbahasa Inggris. Tentu saja kita akan kesulitan mengidentifikasi potongan liriknya, sehingga kemungkinan akan salah dengar.

Sebetulnya kita bisa saja langsung menanyakan judul musik yang enak tadi ke orang yang memutarnya. Dan biasanya si yang bersangkutan tidak akan keberatan untuk berbagi judul lagu tersebut pada kita.

Tapi jika kamu adalah seorang introvert yang sungkan untuk bertanya / menyapa kepada orang yang belum dikenal, maka sebaiknya tidak dilakukan karena akan menjadi beban bagimu.

Daripada nanya-nanya takut dikiranya sok kenal sok dekat, saya punya alternatif lain nih untuk mencari judul lagu yang enak. Cara ini menggunakan salah satu aplikasi android yang sudah cukup familiar. Nama aplikasi tersebut adalah Shazam.

Walaupun aplikasi ini terbilang sudah sangat umum, akan tetapi ada saja orang yang tidak tahu cara menggunakan aplikasi shazam. Mungkin dikarenakan tidak adanya instruksi khusus berbahasa Indonesia pada aplikasi ini.

Shazam adalah aplikasi pencari lirik lagu terpopuler di android maupun ios. Cara kerja aplikasi ini adalah mengumpulkan database musik sebanyak-banyaknya. Database tersebut berupa diagram naik-turun sebuah nada, yang nantinya akan dicocokan dengan diagram musik yang ingin kita cari tahu judulnya.

Daripada makin bingung bin pusing, mending langsung kita mulai saja yuk!
  1. Langkah pertama pastikan Aplikasi Shazam sudah terinstal di Ponsel Android / Iphone kamu. Jika belum, instal dulu lah sob.
  2. Setelah itu langsung buka saja aplikasinya. 
  3. Dekati suara lagu yang ingin kita eksekusi, namun jangan terlalu dekat, takutnya diomelin sama yang bersangkutan, wkwk. 
  4. Jika dirasa suara musik sudah jelas dan pas, silahkan klik tombol yang ada di aplikasi shazam. Yang ini sob.
  5. Setelah itu tunggu shazam mencocokan lagu tersebut dengan database.
  6. Apabila lagu yang kita eksekusi cukup jelas ditelinga, maka akan cepat prosesnya. Begitu juga sebaliknya. Maksudnya adalah suara lagu yang diidentifikasi harus cukup jelas dan tidak terganggu oleh suara lain, suara motor misalnya.
  7. Dan judul lagu pun berhasil kita ketahui. Selanjutnya kita bisa mendengarkan lagu tersebut di youtube ataupun di aplikasi berbayar seperti Spotify.
  8. Selesai.
Yang perlu saya ingatkan adalah kita tidak bisa streaming musik di aplikasi shazam, melainkan harus menggunakan media lain. Aplikasi shazam hanya memberikan fitur untuk mengidentifikasi lagu untuk diketahui judulnya. Walaupun demikian terdapat fitur play yang memutar beberapa potongan lagunya, hal ini tentu sangat berguna untuk memastikan apakah lagu tersebut benar-benar yang kita cari?

Dan untuk melihat histori musik yang telah kita cari judulnya, bisa klik pada menu library.

Demikianlah tutorial yang menjelaskan cara menggunakan shazam dengan 7 langkah praktis yang mudah banget. 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Shazam Untuk Mengetahui Judul Lagu dengan Mudah"

Berlangganan via Email