Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

25+ Pantun Jenaka Singkat yang Lucu Banget Buat Teman

Pantun adalah salah satu jenis karya sastra puisi lama yang hingga saat ini masih banyak peminatnya, meski sudah di penghujung tahun 2019 menuju 2020. Salah satu alasannya adalah mungkin dengan menggunakan pantun kita dapat menyatakan pendapat secara tidak langsung, melainkan dengan kata-kata sampiran terlebih dahulu.

Ada banyak sekali ragam atau jenis pantun. Mulai dari pantun teka-teki, pantun nasihat, pantun agama, pantun adat-istiadat, pantun jenaka (humor lucu), dan masih banyak lagi.
Di postingan sebelumnya saya sudah pernah berbagi beberapa contoh pantun yang berjenis teka-teki / tebak-tebakan. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin sharing kembali mengenai hal yang berkenaan dengan pantun. Pantun yang akan saya bagikan kali ini yaitu berjenis pantun jenaka, atau orang biasa menyebutnya pantun lucu.

Pantun jenaka biasa digunakan di acara pentas seni daerah untuk mencairkan suasana. Penonton yang awalnya serius, kaku, atau mengantuk diharapkan dapat menjadi cenghar atau semangat kembali.

Selain itu, pantun bergenre humor ini seringkali kita temukan di acara TV swasta, sebut saja Pesbukers. Acara TV ini sangat terkenal dengan pantunnya yang berbunyi :

Masak Aer Biar Mateng
Beli Beras Ke Bu Haji
Sapri Lu Jangan sok Ganteng
Muka lu kayak tutup panci 

Meski demikian, kita tidak bisa sembarangan dalam membuat pantun jenaka. Melainkan mesti melihat isi dari pantunnya terlebih dahulu. Apakah akan menyinggung perasaan si pendengarnya atau tidak. Jadi, pada intinya adalah kita tidak boleh seenaknya membuat lelucon pantun, meski itu kepada teman sekalipun.

Pantun Jenaka / Humor memiki ciri dan karakteristik sebagai berikut :
  1. Digunakan untuk mencairkan suasana dalam suatu pentas acara
  2. Tidak bertujuan untuk menyinggung perasaan orang lain
  3. Memiliki 4 Bait / baris (2 Bait pertama berupa sampiran, dan 2 baitnya lagi adalah isi)
  4. Menggunakan akhiran / Rima a-b-a-b atau a-a-a-a
  5. Mengundang Tawa
  6. Menghibur
  7. Dan lain-lain 
Oke tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah 25+ contoh pantun jenaka singkat dengan berbagai tema pilihan yang telah saya rangkum dari berbagai sumber di internet.

Jalan-jalan ke Toko Baru
Tidak lupa membeli Gula
Aduh kasian lihat mantanku
Makin jelek gak laku pula


Pergi ke Jogja bersama si Lolo
Bawa oleh-oleh untuk si Intan
Sungguh malang nasib si jomblo
Malam Minggu doanya minta hujan


Pergi bekerja paginya hujan
Capek badan pulang petang
Daripada mikirin mantan
Mending pikirin itu hutang


Dua ribu dapat kacang
Tiga ribu dapat kenari
Biarpun dia pincang
Tapi masih bisa lari


Pergi ke Pasar Beli Kedondong
Tidak lupa membeli Sempol
Aduh malu dong
Udah gede kok masih ngompol?


Awal Januari sering Hujan
Jadi orang harus banyak akal
Disuruh bapak pergi Jum'atan
Eh malah nyuri sendal


Pergi ke Pasar beli Otak-otak
Tidak lupa membawa kayu
Hey kamu yang botak
I love you 


Makan ketupat di hari lebaran
Bel berbunyi suaranya kring
Hari libur cuma bisa rebahan
Mau jalan apa daya dompet kering



Awan mendung belum tentu hujan
Pas hujan baru mendung
Siapa gerangan gadis di depan
Sial ternyata tu cewek berjakun


Jalan-jalan beli es sekoteng
Mau kaya harus ngirit
Wajah udah pada ganteng
Sayang gak punya duit


Pergi ke Pasar beli Daun Sirih
Tidak lupa membeli Lem
Wow kamu mukanya putih
Tapi sayang lehernya item

Kepala pusing makannya manggis
Bantu Ibu masak ketupat
Ku coba-coba melamar gadis
Sungguh sayang janda ku dapat

Beli semangka bersama si Jana
Sekalian sama beli Palu
Orang Kaya aja hidupnya sederhana
Masa Kamu miskin belagu

Yang pergi biarlah pergi
Walau pergi tetap di hati
Good Morning apa kabar hari ini?
Perkenalkan saya si ganteng siap menemani

Aku dukung Korea Selatan
Kamu malah dukung Jepang
Walaupun Aku udah mantan
Tapi hatiku masih sayang

Ikan cantik ya ikan lohan
Beli Duren dibikin bolu
Laki-laki yang gak tampan
Eh kasian deh lu

Tempayan tutupnya piring
Anak perawan kentutnya nyaring
Yang janda kentutnya semriwing
Yang bencong kentutnya garing

Di suruh Bapak buat nyari Uban
Kalau sudah di kasih manisan
Mantan udah ke pelaminan
Kok kamu masih sendirian?

Pergi jalan beli blewah
Harganya lumayan wah
Udah hidup susah
Tapi kenapa gaya sok mewah?

Sukses itu butuh perjuanganKarena hidup gak seenak mie instanPenyesalan itu datangnya belakanganKalau di depan namanya pendaftaran

Anak kecil main layang-layang
Putus benang di ujung belati
Setiap hari mabuk kepayang
Kalau tidak jumpa si jantung hati

Belok Kanan kudu ati-ati
Nenek-nekek kaga punye banda
Tulung Jangan dimasukin ati
Kan ane cuma bercanda

Makan permen jangan dikunyah
Ngajak nenek buat jalan-jalan
Assalamualaikum semuanya
Yang gak jawab biar pada panuan

Makan bubur pake kuah sagu
Anak sapi pake celana
Libur mah ampe 2 minggu
Lah tapi kaga kemana mana

Wajahmu memang imut
Bodimu kayak siput
Tingkahmu membuat ku salut
Tapi sayang kamu suka kentut

Terbangun di siang hari
Siap-siap mau mandi
Nggak usah gosok gigi
Biar kuning tuh gigi

Demikianlah beberapa pantun jenaka yang bisa saya bagikan. Semoga apa yang saya share kali ini dapat menghibur serta memberikan inspirasi untuk kamu yang sedang ingin membuat pantun sendiri.

Sumber :
romadecade.org
brilio.net

Posting Komentar untuk "25+ Pantun Jenaka Singkat yang Lucu Banget Buat Teman"

Berlangganan via Email