Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengetahui Jenis Font pada Gambar, Pasti Ketemu!

Pada saat mengerjakan suatu projek desain grafis, kita pasti dituntut untuk memiliki pengetahuan mengenai segala jenis huruf atau font. Alasannya tentu saja, sebuah desain entah itu logo, banner, pamflet, dan sebagainya tidak akan terlihat menarik apabila menggunakan font standar seperti Arial, Times New Roman, Calibri.

Agar sebuah desain dapat tampil menarik dan berbeda dari yang lain tentu dibutuhkan sebuah font yang memukau. Kita bisa meniru jenis font dari desain milik orang lain yang menurut kita bagus.

Masalahnya, kita tidak tahu apa nama font yang digunakan pada desain tersebut.
Sebetulnya sah-sah saja apabila kita menanyakannya langsung kepada pembuat desainnya. Atau memposting pertanyaan di Grup Desain Grafis yang ada di Facebook, pasti akan ada beberapa orang yang dengan senang hati membantu menjawab.

Akan tetapi saya tidak menyarankan hal tersebut, alasannya adalah kurang praktis. Apalagi jika font yang ingin kita ketahui namanya lebih dari satu. Pasti akan menyita banyak waktu.

Nah daripada kita membuang-buang waktu melakukan hal tersebut, lebih baik kita mencari tahu sendiri jenis font yang ingin kita ketahui. Selain menambah pengalaman, kita pun akan lebih hafal sekaligus peka terhadap segala jenis font yang kita temui. Asyik kan?

Untuk caranya sendiri kita menggunakan bantuan dari sebuah website font finder. Dengan website tersebut, kita akan dipermudah ketika ingin mengetahui jenis huruf pada suatu logo / gambar.

Penyedia website font finder sendiri ada banyak sekali jumlahnya di internet, sehingga mungkin Anda akan kebingungan menentukan situs mana yang ingin digunakan. Namun tenang saja, di postingan ini saya sudah menuliskan beberapa Situs Pencari Font yang biasa saya gunakan sehari-hari.

Oke tanpa perlu berlama-lama lagi langsung kita mulai saja.

Cara Mengetahui Jenis Font pada Gambar Secara Online

  1. Langkah pertama siapkan gambar atau desain yang terdapat teks yang ingin kita ketahui nama font nya.
  2. Setelah itu pergi ke situs https://www.myfonts.com/WhatTheFont
  3. Kemudian upload gambarnya di situs tersebut dengan menyeret gambar ke kotak yang tersedia, atau langsung klik tulisan click here to upload an image. 
  4. Setelah gambar berhasil diunggah, kita diharuskan untuk memotong bagian gambar yang berisi teks saja. Pastikan kita memotongnya tepat pada bagian teksnya saja. Jika sudah klik tombol panah biru.
  5. Setelah itu akan muncul beberapa rekomendasi jenis huruf yang sekilas mirip dengan gambar yang tadi kita upload. Pada tahap ini, Anda tinggal menyeleksi jenis huruf yang benar-benar mirip dengan font yang Anda cari.
  6. Jika sudah cocok, langkah selanjutnya adalah mencari font tersebut di pencarian google. Agar mendapatakan versi yang gratis, Anda bisa menggunakan rumus kata kunci "nama font free font download".
  7. Selesai!
Ohya, situs myfonts.com sendiri telah memiliki aplikasi berbasis mobile untuk sistem operasi Android dan IOS. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan Komputer demi menunjang kepraktisan.

Rekomendasi Situs Pencari Font

Ketemu atau tidaknya jenis font yang Anda cari tentu tergantung dari kualitas gambar yang Anda upload dan tidak terlepas juga dari ketersediaan dan kelengkapan situs font finder itu sendiri. Apabila sobat beruntung biasanya akan muncul beberapa font yang sangat mirip atau bahkan bisa jadi font itu yang memang digunakan.

Apabila Anda belum menemukan font yang cocok ketika menggunakan situs di atas, maka saya ada beberapa rekomendasi situs serupa untuk mengindentifikasi nama font melalui gambar dengan mudah. Berikut adalah daftar situsnya.
Silahkan coba satu persatu situsnya sampai Anda benar-benar menemukan jenis font yang cocok dengan yang Anda cari selama ini.

Untuk cara pemasangan fontnya, Anda bisa googling sendiri. Atau nanti saya buatkan tutorialnya di lain kesempatan :)

Oke mungkin cukup sekian untuk postingan di malam hari yang agak mendung ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar saja. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Jenis Font pada Gambar, Pasti Ketemu!"

Berlangganan via Email