Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mencari Alamat Rumah di Google Maps Agar Tidak Tersesat

Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, menelusuri alamat seseorang bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dulu ketika ingin menuju ke tempat seseorang pastinya kita mesti hafal seluk beluk daerahnya, atau setidaknya mengetahui salah satu patokan jalannya agar tidak tersesat.

Namun pada saat sekarang ini kita tidak perlu lagi memiliki pengetahuan akan rute menuju suatu daerah, bahkan ke daerah yang belum pernah kita lalui sekalipun. Cukup menggunakan Google Maps, maka kita dapat dengan mudah mencapai tempat yang ingin dituju tanpa harus nyasar mencari-cari alamat.

Apa itu Google Maps ?

Buat yang belum tahu,

Google Maps adalah salah satu aplikasi berbasis peta yang sangat canggih serta dapat kita pergunakan untuk berbagai macam keperluan. Seperti misalnya; mengetahui kondisi kepadatan lalu-lintas terkini, mencari rute tercepat menuju suatu daerah, menghitung estimasi jarak dari tempat A ke tempat B, dan lain sebagainya.

Cara kerja google maps yaitu dengan mengumpulkan data-data berupa nama tempat atau lokasi tertentu, yang selanjutnya akan diolah hingga nantinya dapat kita akses bersama dalam bentuk digital melalui aplikasi bernama Google Maps.

Untuk bisa menggunakan Google Maps secara maksimal, kita memerlukan teknologi bernama GPS (Global Positioning System). Namun di semua Ponsel, sepertinya sudah tersemat teknologi GPS tersebut, jadi tenang saja hehe.

Sebetulnya ada aplikasi lain serupa Google Maps yang juga hampir sama fitur dan kegunaannya. Sebut saja Waze, Maps.Me, Sygic GPS, dan lain-lain.

Hanya saja dari sekian aplikasi peta yang ada di Android, Maps dari Google tetap yang paling banyak diminati. Salah satu alasannya mungkin dari segi Brand serta nama-nama tempat dan jalan sudah semakin mendekati komplit atau mungkin komplit banget. Belum lagi ada tambahan fitur bernama Google Street View.

Nah, berbicara mengenai Google Maps ternyata masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara menggunakan aplikasi ini. Mungkin dikarenakan tidak adanya instruksi khusus di dalamnya.

Dan sesuai judulnya, pada postingan ini saya ingin sedikit memberikan informasi berupa prosedur atau langkah-langkah menggunakan google maps yang benar. Dalam hal ini saya ingin mencontohkan Mencari Rute untuk menuju alamat rumah seseorang. Sehingga diharapkan kita tidak akan tersesat lagi dengan adanya Google Maps ini.


Cara Mencari Alamat Rumah di Google Maps 

  1. Langkah pertama pastikan Aplikasi Google Maps sudah terinstal di HP Android / IOS Anda. Namun untuk HP Android biasanya sudah otomatis terinstal.
  2. Silahkan buka aplikasi tersebut. Dan pastikan GPS pada ponsel kita telah diaktifkan sebelumnya.
  3. Setelah aplikasi terbuka, pada kotak pencarian kita tuliskan nama tempat / daerah yang ingin kita tuju. 
  4. Misalnya saya ingin menuju ke salah satu pabrik yang ada di Karawang. Maka saya menuliskan di kotak pencarian PT. Yamaha Indonesia dan klik cari.
  5. Maka secara otomatis google maps akan memperlihatkan letak geografis dari tempat yang saya ketikan barusan. 
  6. Nah untuk mengetahui rute atau jalan menuju tempat tersebut, kita tinggal klik tombol Rute. 
  7. Selanjutnya kita pilih titik awal perjalanan. Agar lebih mudah, kita tinggal pilih Lokasi Anda.
  8. Dan secara ajaib Google Maps akan memberikan kita rute tercepat dari lokasi kita berada menuju tempat yang dimaksud. Selain itu kita pun akan diberitahu kondisi lalu-lintas sedang lancar atau macet.

  9. Lalu klik tombol Mulai. 
  10. Selesai.
Selanjutnya kita tinggal melaju menggunakan kendaraan kita menuju tempat tersebut mengikuti saran rute dari Google Maps tadi.

Kesimpulan

Selain menampilkan kondisi kepadatan lalu-lintas, Google Maps pun akan memberikan informasi mengenai tempat yang ingin dituju, tempat wisata misalnya. Ketika kita mencari tempat wisata, maka Google Maps senantiasa akan menunjukan informasi berupa ulasan atau nilai dari orang-orang yang pernah singgah di tempat tersebut.

Tidak jarang juga ada pengulas yang memberikan nilai berupa Foto hasil jepretan untuk menunjukan pemandangan asli lokasinya.

Dan tentu saja masih banyak kecanggihan lain yang semestinya Anda coba lakukan sendiri. 

Oke mungkin demikian mengenai cara mencari alamat rumah di Google Maps, Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Alamat Rumah di Google Maps Agar Tidak Tersesat"

Berlangganan via Email