Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2 Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Internet

Android adalah sistem operasi pada smartphone paling populer pada saat ini. Bahkan bisa dibilang, Android berhasil merebut sebagian besar pangsa pasar di seluruh dunia. Salah satu alasannya mungkin terdapat pada kemudahan yang terdapat di Android. Serta Android ini termasuk sistem yang Open Source, dengan kata lain semua vendor ponsel dapat menginstal Sistem Operasi Android ini secara gratis.

Alasan lain yang membuat Smartphone berbasis Android banyak diminati adalah banyaknya fitur yang membantu dan terdapat beragam aplikasi yang dapat didownload melalui Google Playstore.

Salah satu fitur yang menurut saya menarik adalah fitur berbagi koneksi internet (Tethering), dengan kata lain kita bisa menjadikan HP Android sebagai modem sederhana.

Walaupun fitur ini telah ada sejak HP Android belum secanggih sekarang, tetap saja banyak orang yang belum tahu akan manfaat serta prosedur pengaktifan fitur ini.

Ohya sebelum saya jelaskan lebih jauh, saya ingin mengatakan kalau prosedur ini terdapat 2 bagian.
  • Menjadikan HP Android Sebagai Modem Tanpa Kabel USB
  • Menjadikan HP Android Sebagai Modem Menggunakan Kabel USB
Tentu saja kedua tips di atas memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Dan agar lebih jelasnya, mungkin langsung saya mulai saja pembahasannya. Check it Out!

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Tanpa Kabel USB

Dalam hal ini tentu diperlukan seperangkat HP Android yang masih menyala dan dapat tersambung ke internet. Cara ini tidak memerlukan Kabel apapun, termasuk USB. Akan tetapi kita perlu memastikan apakah di laptop / komputer kita terdapat Wifi ? Jika ya, maka kita bisa gunakan cara ini. 

Silahkan simak. 
  1. Langkah pertama pergi ke Pengaturan 
  2. Klik tulisan Koneksi

  3. Kemudian pilih Hotspot Seluler dan Penambatan
  4. Terakhir klik Aktifkan Hotspot Seluler.

  5. Setelah itu buka laptop yang sobat miliki, lalu sambungkan wifi laptop menuju hotspot tersebut layaknya mengaktifkan wifi seperti biasanya.
  6. Selesai :)

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Menggunakan Kabel USB

Untuk cara yang kedua, digunakan apabila pada komputer yang kita miliki tidak terdapat Hardware Wifi, sehingga memerlukan sebuah Kabel untuk terhubung ke internet. Entah itu Kabel LAN ataupun USB. 

Untuk step by stepnya sebetulnya sama seperti membuat modem dari hp tanpa kabel USB, hanya saja pada cara yang kedua ini memerlukan Alat tambahan berupa Kabel USB. Kabel ini nantinya akan dihubungkan dengan komputer / laptop yang ingin mendapatkan koneksi internet dari hp. 

Agar lebih jelas, berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Langkah pertama pergi ke Pengaturan
  2. Klik tulisan Koneksi

  3. Kemudian pilih Hotspot Seluler dan Penambatan

  4. Pada tahap ini silahkan hubungkan kabel usb masing-masing ke Komputer dan HP.
  5. Jika sudah terhubung, klik tulisan Penambatan USB

  6. Dan secara otomatis HP Android akan membagikan koneksinya dengan komputer / laptop yang terhubung dengan kabel usb barusan. 
  7. Selesai :)
Yang perlu saya ingatkan adalah jika sobat menggunakan cara ini maka mesti menanggung konsekuensinya, yaitu HP akan menjadi hangat atau bahkan panas. Penyebabnya adalah karena ketika kabel usb dihubungkan, maka HP pun akan secara otomatis mengisi daya / charging sekaligus berbagi koneksi internet.

Saran saya, gunakanlah HP Android yang sudah tidak terpakai. Sehingga kalaupun panas kita tidak akan khawatir dengan HP tersebut.

Namun sepertinya tidak akan terlalu berisiko apabila tidak dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Kesimpulan

Kedua cara tersebut tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jika tanpa kabel tentu komputer / laptop kita mesti terdapat hardware wifi yang terpasang, sehingga dapat tersambung dengan hotspot seluler. Sedangkan jika menggunakan kabel akan membuat ponsel terasa hangat saat dipegang. 

Tentu saja yang paling baik dan aman adalah dengan menggunakan Modem asli. 

Ohya, pergunakan cara ini hanya untuk saat-saat terdesak saja ya. Jika digunakan untuk harian maka dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada ponsel android sobat. Sebab, ponsel tidak dirancang khusus untuk dijadikan modem wkwk.

Posting Komentar untuk "2 Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Internet"

Berlangganan via Email