Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengunci Whatsapp dengan Sidik Jari Tanpa Aplikasi

Whatsapp adalah aplikasi berbasis chatting smartphone yang cukup populer pada saat ini. Bahkan pada tahun 2016 lalu, Whatsapp telah menguasai 55.6% pangsa pasar di seluruh dunia. Ini artinya Whatsapp berhasil menjadi aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak dari berbagai negara di dunia, kecuali negara China. Karena di negara ini terdapat aplikasi chatting lokal yang sudah lebih dulu mengakar kuat, yaitu WeChat.

Dengan kepopulerannya tersebut, tentu whatsapp memberikan fitur keamanan dan juga kenyamanan bagi penggunanya. Salah satu fitur keamanan andalan whatsapp adalah bernama Enkripsi end-to-end.

Jadi, dengan adanya fitur Enkripsi end-to-end tersebut Whatsapp memberikan jaminan bahwasanya semua percakapan yang Anda lakukan dengan pengguna whatsapp lain, tidak akan jatuh ke tangan yang salah. Dalam hal ini berarti pesan yang kita kirimkan melalui whatsapp tidak akan pernah bisa disadap, berkat teknologi enkripsi end-to-end tadi.

Selain fitur tersebut, ternyata saat ini whatsapp memiliki fitur keamanan baru berupa Kunci Sidik Jari.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kita untuk memberikan kunci berupa sidik jari pada aplikasi whatsapp yang terinstal di hp kita agar tidak sembarangan dilihat oleh orang lain (orang jahil).

Tentu saja fitur ini hanya tersedia untuk ponsel yang sudah memiliki sensor sidik jari pada hardware-nya.

Walau sebetulnya kita bisa menggunakan aplikasi pengunci dari pihak ketiga yang bisa kita download sendiri di Google Playstore. Namun, saya tidak meyarankan hal tersebut. Dikarenakan banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut menampilkan banyak sekali iklan yang mungkin akan sangat mengganggu.

Baca Juga : Cara Membuat Stiker Whatsapp dengan Foto Sendiri

Nah, daripada menggunakan aplikasi pengunci pihak ketiga, lebih baik kita menggunakan fitur pengunci dari whatsapp nya saja.

Lalu bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur kunci sidik jari pada whatsapp ini?

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba.

Cara Mengunci Whatsapp dengan Sidik Jari Agar Aman

  1. Langkah pertama pastikan kita telah menggunakan aplikasi whatsapp versi terbaru. Jika belum, silahkan update dulu melalui playstore.
  2. Selanjutnya buka aplikasi whatsap lalu pergi ke Setelan.
  3. Klik Akun, lalu Privasi, dan pilih Kunci sidik jari.
  4. Setelah itu kita aktifkan fitur kunci sidik jari ini dengan menekan toggle yang tersedia.
  5. Terakhir kita tinggal meletakan jari kita pada sensor finger print yang ada di smartphone kita.

  6. Kita pun bisa mengatur waktu, kapan whatsapp akan memulai pengunciannya. Di sini saya biasa memilih 30 menit biar agak lama.

  7. Selesai.

Simpulan

Setelah menggunakan fitur ini diharapkan whatsapp kita menjadi jauh lebih aman dari sebelumnya karena ditambahkan fitur pengunci. 

Salah satu kekurangan fitur ini menurut saya pribadi adalah tidak adanya opsi alternatif untuk membuka kunci dengan menggunakan pola ataupun katasandi seperti layaknya membuka kunci layar pada smartphone. Apalagi jika kondisi jari kita sedang basah / berkeringat. Tentu akan sangat merepotkan. Karena seperti yang kita tahu jikalau jari sedang basah maka tidak akan bisa terdeteksi oleh sensor sidik jari. 

Oleh karenanya, gunakanlah fitur ini hanya apabila kita menggunakan whatsapp dengan frekuensi yang rendah. Maksudnya, kita tidak setiap waktu buka tutup aplikasi whatsapp, walaupun sudah tahu tidak ada yang chat:''''

Namun kita bisa memilih jeda waktu 30 Menit apabila kita merupakan tipe orang yang sering buka-tutup aplikasi whatsapp tanpa alasan yang jelas. Karena kalau kita pilih jeda waktu 1 menit atau Segera, maka akan ribet juga kalau setiap mau buka Whatsapp mesti menempelkan jari ke sensor finger print. 

Demikianlah artikel berjudul cara mengunci whatsap dengan sidik jari yang bisa saya bagikan di malam hari yang gerimis ini. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Mengunci Whatsapp dengan Sidik Jari Tanpa Aplikasi"

Berlangganan via Email