Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Melihat Riwayat Tampilan Website / Blog Di Masa Lalu

Ada satu cara yang bisa kita gunakan untuk melihat histori tampilan suatu website di masa lalu atau di beberapa tahun ke belakang. Metode ini sudah saya uji sendiri dan terbukti beberapa blog lama saya yang di bangun pada tahun 2013 masih bisa dilihat penampakannya meskipun sekarang blognya sudah wafat😌


Hal ini tentunya berguna bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan masa lalu bersama blog jadul kalian. Saya sendiri cukup sedih membayangkan diri saya di kala itu (tahun 2011-2013an) yang sibuk ngoprek-ngoprek tampilan blog di sebuah warnet.

Kala itu saya hanya fokus terhadap penambahan widget-widget tidak berguna, seperti widget jam; musik; statistik blog; dll yang kesemua widget tersebut cukup membuat loading blog menjadi lama, tapi saya tidak pusing akan hal itu karena saat itu saya berpikirnya "Yang penting seneng".

Untuk masalah postingan, jujur saja dulu saya copas sana-sini tanpa diubah sedikitpun kata perkatanya. Dan menurut saya itu hal wajar, mengingat pada saat itu saya masih berumur 11 tahun (kelas 6 SD). Jadi bisa dibayangkan bagaimana bocah yang ngoprek-ngoprek blog di saat teman sebayanya sibuk main game di warnet, meskipun saya sendiri main game juga sih.

Selain melihat pada tampilan blog milik kita di masa lalu, kita pun bisa melihat penampakan situs-situs terkenal di beberapa tahun ke belakang.

Berikut adalah beberapa tampilan dari halaman depan situs terkenal di masa lalu.

Tampilan Google di tahun 2005. Terlihat jadul sekali.

Penampakan Web Facebook di awal tahun peluncurannya (2004). Cukup jauh sekali perbedaannya dengan yang sekarang.

Siapa sangka, tampilan youtube yang saat ini terlihat begitu modern dan ciamik, di masa lalu terlihat simpel sekali. Di mana saat itu video berkualitas 360p merupakan video dengan kualitas paling bagus. Selain itu terdapat slogan khas Youtube "Broadcast Yourself". Tampilan youtube di tahun 2007.


Lalu bagaimana cara melihat tampilan halaman sebuah website di masa lalu? 

Seperti yang bisa kalian lihat pada screenshot di atas, terdapat suatu tulisan bernama Internet Archive Wayback Machine. 

Jadi, Internet Archive ini adalah suatu situs yang berguna sebagai penyimpan data berupa tampilan berbagai situsweb yang ada di seluruh dunia, dari waktu ke waktu. Tentunya tidak semua website bakal dirayapi oleh Internet Archive ini, melainkan hanya situs-situs tertentu saja yang sudah bolak-balik langganan di SERP yang akan disimpan histori / riwayat tampilannya, alias situs populer. 

Kurang lebih seperti itu sob.

Nah untuk caranya, silahkan ikuti step by step nya di bawah ini. 

Cara Melihat Riwayat Tampilan Website / Blog Di Masa Lalu

  1. Kunjungi situs arsip internet di alamat https://web.archive.org
  2. Pada kotak yang tersedia, masukan alamat situs yang ingin kita lihat penampakannya. Misalnya saya ingin melihat tampilan Amazon di awal tahun pendiriannya. Maka saya mengetikan www.amazon.com pada kotak tersebut dan Enter.
  3. Setelah itu pilih tahun yang ingin kita lihat, dan pilih bulan lalu jam-nya.
  4. Berikut adalah tampilan situs amazon di tahun 2004.

  5. Selesai!

Demikianlah cara saya dalam melihat riwayat tampilan suatu halaman web dari beberapa tahun ke belakang. Tentunya, riwayat tampilan yang dihadirkan oleh Internet Archive ini cukup akurat. Mengingat metode yang digunakan untuk menyimpan data tampilan tersebut dengan cara dirayapi atau istilah english nya crawling. 

Yaps mungkin segitu dulu yang bisa saya bagikan di malam hari yang cukup cerah ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Riwayat Tampilan Website / Blog Di Masa Lalu"

Berlangganan via Email