Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Agar Laptop Tidak Mati / Sleep Saat Layar Ditutup

Pada umumnya laptop akan masuk ke mode sleep saat layarnya kita lipat. Hal tersebut dikarenakan pengaturan default dari laptopnya yang membuat layar secara otomatis mati ketika dilipat. 

Tentunya hal ini membuat kita mengharuskan untuk terus membuka layar laptop, terlebih ketika sedang mendengarkan musik ataupun mendownload suatu file dari internet.

Dan seperti yang kita tahu. Ketika mendownload file dari internet, mengharuskan kita untuk terus menjaga agar laptop yang kita miliki tetap hidup. Jika laptop masuk ke mode sleep, maka download akan otomatis terhenti.

Nah agar download tetap berjalan meskipun layar laptopnya kita tutup maka kita memerlukan suatu solusi berupa trik yang cukup mudah dipraktekan. Sebetulnya solusi ini bukan trik, karena memang sudah ada fitur untuk mengatur mode sleep saat laptop ditutup. Terutama bagi pengguna Windows 7 dan 10.

Ohya, cara ini sudah saya praktekan di windows 7 dan 10, dan terbukti berhasil. Meski layar laptopnya saya tutup, namun tetap musik yang diputar pada laptop tidak ikut mati. 

Lalu bagaimana cara agar layar laptop tetap hidup meskipun layarnya kita lipat? Yuk disimak!

Cara Agar Laptop Tidak Mati / Sleep Saat Layar Ditutup

  1. Langkah pertama pastikan kalau kamu adalah pengguna dari sistem operasi Microsoft Windows. Dan pada tutorial kali ini saya menggunakan Windows 10, karena kebetulan laptop yang saya gunakan memakai windows 10.
  2. Setelah laptop dihidupkan, cari icon baterai yang ada di taksbar kanan bawah. 
  3. Kemudian klik kanan icon baterai tersebut, lalu pilih Power Options.
  4. Lalu pilih Choose what closing the lid does.
  5. Terakhir ubah pengaturan pada When I close the lid: dari Sleep ke Do Nothing. Dan klik Save Changes.
  6. Selesai.

Penutup

Demikianlah tutorial singkat yang menjelaskan cara agar laptop tidak sleep meskipun layarnya dilipat. Cara ini sangat cocok digunakan pada kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskan laptop tetap dalam kondisi hidup namun layarnya ditutup. 

Salah satu kondisi yang memungkinkan digunakannya cara ini ialah saat kamu sedang mendownload sebuah file di laptop, namun suatu ketika kamu ada perlu. Maka mau tidak mau kamu harus melipat laptop dan memasukannya ke dalam tas selagi proses downloadnya berjalan. 

Sebetulnya tergantung penggunaannya sih. Kalau saya pribadi lebih ke mendengarkan musik, namun karena laptopnya tidak digunakan maka saya tutup saja. 

Yaps mungkin cukup segitu dulu yang bisa saya bagikan di siang hari yang cukup cerah ini. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Agar Laptop Tidak Mati / Sleep Saat Layar Ditutup"

Berlangganan via Email