Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Scan Tanda Tangan Dengan Kamera HP 100% Rapih & Bersih

Demi mengundang kepraktisan dan menghemat lebih banyak waktu, maka saat ini tanda tangan dapat dimasukan ke dalam bentuk digital. Sehingga nantinya tanda tangan tersebut dapat diletakan pada dokumen-dokumen yang akan dicetak dalam jumlah banyak.

Tentunya hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya, menandatangani banyak dokumen secara sekaligus dalam waktu yang bersamaan bukanlah perkara mudah. Bisa-bisa tangan pegel wkwk.

Maka dari itu banyak institusi / kelompok yang mulai melakukan pencetakan tanda tangan lewat digital. Sehingga sang-Pemilik tanda tangan pun tidak perlu lagi melakukan tanda tangan satu persatu pada dokumen.

Melainkan cukup satu kali saja melakukan tanda tangan pada kertas kosong. Nantinya tanda tangan tersebut akan discan dan diedit sedimikian rupa, sehingga tinggal ditempel pada surat/dokumen yang membutuhkan tanda tangan.
Namun bagi sebagian orang melakukan scanning pada tanda tangan membutuhkan sebuah Alat Scanner khusus untuk scan tanda tangan tersebut. Padahal jika kita mau sedikit saja kreatif, maka kita bisa memasukan tanda tangan ke bentuk digital hanya dengan Kamera HP. Tahu sendiri kan HP keluaran jaman sekarang kameranya sadis-sadis 😂

Nah untuk melakukan scan pada tanda tangan dengan menggunakan kamera hp sebetulnya gampang saja. Karena dapat dilakukan oleh semua orang, termasuk pemula seperti saya hehe.

Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah langkah termudah untuk scan tanda tangan dengan Kamera HP 100% Rapih.


Cara Scan Tanda Tangan Dengan Kamera HP 100% Rapih

Untuk tata caranya sendiri saya membuatkan 3 metode. Masing-masing metode sebetulnya sama saja, yang membedakan hanyalah aplikasi dalam menerapkan metode tersebut. 

Aplikasi tersebut di antaranya ialah Microsoft Office Word, Adobe Photoshop (versi berapa saja), Corel Draw (disarankan veri X5 ke atas). 

Yuk langsung saja.

Scan Tanda Tangan Dengan Microsoft Word

  1. Langkah pertama siapkan satu buah kertas kosong. Lalu mulailah isi kertas kosong tersebut dengan tanda tangan yang diinginkan.
  2. Setelah itu potret tanda tangan tersebut dengan kemera HP milikmu. Disarankan menggunakan Blitz / Lampu Kilat agar cahaya pada foto lebih merata.
  3. Jika sudah dipotret, masukan foto tersebut ke dalam laptop / komputer.
  4. Setelah itu buka microsoft word, lalu buka foto tanda tangan tersebut dengan cara Insert Pictures.
  5. Klik kanan foto tadi, pilih wrap text dan klik Behind Text. Lalu atur ukuran fotonya menyesuaikan ukuran tanda tangan pada umumnya.
  6. Setelah itu klik kanan lagi gambar tersebut, lalu pilih Format Picture, dan pilih Picture.
  7. Lalu Atur pada Brightness dan Contrast. Semakin ke kanan maka gambar akan semakin terang sehingga background akan otomatis hilang, dan tanda tangan pun akan semakin terlihat jelas.
  8. Selesai.

Tentunya mengedit tanda tangan menggunakan Microsoft Word kurang maksimal hasilnya dikarenakan Ms Word sendiri bukanlah aplikasi editing foto melainkan aplikasi yang dikhususkan untuk pengeditan dokumen.

Nah agar hasil tanda tangan jauh lebih maksimal dan bagus, kamu bisa mencoba mengeditnya dengan photoshop dan corel draw. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba.

Scan Tanda Tangan Dengan Adobe Photoshop

  1. Langkah pertama persiapkan tanda tangan pada selembar kertas kosong lalu potret.
  2. Setelah itu buka foto tanda tangan tersebut pada aplikasi Adobe Photoshop.
  3. Setelah foto terbuka, klik Image => Adjustments => Levels. Lalu atur seperti gambar di bawah ini.
  4. Selesai!

Scan Tanda Tangan Dengan Corel Draw

Selanjutnya adalah cara edit tanda tangan dengan aplikasi editing terpopuler selain photoshop, yakni Corel Draw. 

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba.
  1. Langkah pertama siapkan satu buah foto tanda tangan pada selembar kertas kosong.
  2. Setelah itu buka foto tersebut dengan aplikasi editing Corel Draw.
  3. Untuk cara membuka gambar nya disarankan menggunakan fitur Import atau CTRL + I.
  4. Setelah gambar terbuka, klik gambar tersebut. Lalu pilih Bitmaps => Mode => Black and White (1 bit).
  5. Pada Conversion Method pilih Line Art. Lalu geser Treshold yang tersedia ke kiri. Semakin ke kiri maka gambar akan semakin terang.
  6. Selesai!

Kesimpulan

Cara-cara tersebut sebetulnya memiliki tujuan yang sama yakni menghilangkan background pada tanda tangan. Sehingga bentuk tanda tangan dapat terlihat dengan jelas.

Demikianlah 3 cara untuk scan tanda tangan dengan mudah dan rapih hanya dengan bermodalkan kamera hp. Untuk masing-masing cara tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Berikut adalah perbandingan hasil dan ketiga cara tersebut. 

Dengan Microsoft Word :
Dengan Adobe Photoshop :

Dengan Corel Draw :
Yaps mungkin cukup segitu dulu yang bisa saya bagikan di malam hari yang cukup cerah ini. Semoga bermanfaat sob :D

Posting Komentar untuk "Cara Scan Tanda Tangan Dengan Kamera HP 100% Rapih & Bersih"

Berlangganan via Email