Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengetahui Network Security Key (Password Wifi) Sendiri

Pernahkah kita lupa dengan password wifi yang tersambung dengan laptop kita? Jika pernah, mungkin kita akan sedikit kebingungan saat hendak menyambungkan wifi tersebut ke perangkat baru yang belum pernah terhubung sebelumnya.

Permasalahan seperti ini sering terjadi, termasuk saya sendiri cukup sering mengalaminya. Alasannya sih tentu saja, karena kita sudah jarang atau tidak pernah lagi memasukan password saat akan terhubung dengan wifi kita.

Tentunya ada beragam cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui password wifi yang tersambung dengan laptop / komputer kita. Bisa dengan melakukan call center langsung pada provider internet yang kita gunakan, bertanya pada si pemilik wifi, atau dengan trik yang sebentar lagi akan saya kasih tahu di bawah.

Baca Juga : Cara Agar Laptop Tidak Sleep Saat Ditutup

Trik ini saya dapatkan dari potongan video tiktok yang ternyata setelah saya coba dan praktekan di laptop saya, hasilnya beneran berhasil.

Trik ini akan memperlihatkan sambungan wifi yang pernah berhubungan dengan laptop kita. Entah di coffee shop, Villa, Warnet, Rumah Temen, atau di Rumah kita sendiri.

Intinya sih dengan mempraktekan trik ini nantinya akan keluar semua sambungan wifi beserta Network Security Key / Password nya. Yang tentu saja password tersebutlah yang selama ini kamu cari-cari, hehe.

Nah untuk caranya sendiri sebenarnya sangat simpel sekali dan tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengetahui Network Security Key (Password Wifi) Laptop Sendiri

  1. Langkah pertama tekan pada keyboard tombol Windows + R, kemudian ketik CMD.
  2. Setelah masuk ke Command Prompt, kamu ketik perintah ini 
    netsh wlan show profile "Nama Wifi" key=clear

    Pada tulisan bercetak warna merah, kamu ubah dengan nama wifi yang tersambung dengan laptop kamu.

  3. Jika sudah tekan enter di keyboard kamu.

  4. Nantinya akan keluar katasandi / password dari wifi tersebut. 

  5. Selesai!
Untuk melihat daftar / riwayat sambungan wifi yang pernah terhubung dengan laptop kamu, silahkan ketik 
netsh wlan show profile key=clear

Nantinya akan muncul daftar nama wifi yang pernah kamu singgahi. Untuk mengetahui passwordnya, silahkan ulangi langkah di atas dari nomor 1.

Penutup

Demikianlah langkah simpel namun jarang orang tahu mengenai cara melihat password wifi sendiri. Tutorial ini sebetulnya sangat berguna pada pada kondisi-kondisi tertentu, terutama saat akan numpang wifi temen, tapi temen kita pura-pura lupa password wifi nya. 

Nah dengan melakukan cara ini kita bisa mengatasi kelupaan teman kita tersebut, sehingga kita dapat terhubung ke wifi yang dituju :D

Yaps mungkin cukup segitu dulu untuk postingan di malam hari yang cukup cerah ini. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Network Security Key (Password Wifi) Sendiri"

Berlangganan via Email