Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7+ Contoh Alasan Resign yang Tepat dan Masuk Akal

Sebelum sobat mengajukan permohonan resign, hal pertama yang mestinya dilakukan adalah mempersiapkan alasan pengunduran diri yang tepat dan juga masuk akal.

Banyak orang yang tidak memerhatikan alasan ketika mereka akan resign dari tempat kerja, bahkan ada yang resign dengan memberikan alasan yang frontal atau langsung ke poin utama seperti "Di sini Gajinya Kecil". Akibatnya, permohonan resign belum dibuat, tapi sudah dipecat duluan wkwk.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan Alasan Pengunduran Diri yang Tepat, tujuannya adalah agar nama baik kita terhadap perusahaan tetap terjaga. Dan yang paling penting adalah hubungan kita dengan perusahaan tersebut tidak berakhir dengan pandangan buruk.
Dalam membuat alasan pengunduran diri, pastikan sobat tidak memberikan alasan seperti berikut :
  1. Ada masalah dengan Partner Kerja
  2. Sudah lelah bekerja di Perusahaan itu karena dibentak-bentak terus
  3. Tidak kunjung naik jabatan
  4. Gaji kecil
  5. Terlalu banyak aturan
  6. Kesejahteraan Pegawai tidak diperhatikan
  7. Dan lain-lain
Lalu alasan resign seperti apa yang semestinya digunakan untuk keluar dari tempat kerja? 

Kalau boleh jujur, saya punya teman yang pernah bekerja di satu perusahaan yang sama. Dan dia secara mendadak resign dari perusahaan itu. Apa alasannya? Ketika ditanya dia menjawab kalau Istrinya tidak memperbolehkannya bekerja di situ lagi karena diketahui banyak wanita yang dekat dengannya. Selain itu, teman saya ini bilang kalau akan bekerja di tempat lain atas saran dari istrinya.

Tentu saja Atasan sayapun tidak keberatan dengan keluarnya salah satu teman saya ini. Kenapa? Karena alasan resign yang diberikan melibatkan pihak keluarga. Dengan begitu, Atasan saya ini tidak dapat berbuat banyak selain mengIYAkan keputusan tersebut.

Dari cerita tersebut kita bisa mengambil kesimpulan kalau Alasan Keluarga adalah salah satu alasan resign yang sangat ampuh dan cukup masuk akal. Akan tetapi, saya tidak menyarankan sobat menggunakan alasan keluarga sebagai cara keluar dari perusahaan jika ceritanya dikarang atau cerita bohong.

Baca Juga : 5+ Contoh Surat Berhenti Kerja Dengan Alasan yang Baik dan Sopan

Agar sobat bisa mendapat bayangan, berikut saya berikan 10 contoh alasan resign yang tepat dan masuk akal yang tentunya saya rangkum dari berbagai sumber di internet. Saya harap, setelah sobat membaca ulasan di bawah ini sobat dapat membuat alasan resign yang tepat dan sesuai dengan keadaan sobat saat ini.
  1. Masalah Kesehatan
    Jika sobat memiliki riwayat penyakit seperti (amit-amit) Penyakit Jantung, Vertigo, atau penyakit lainnya yang dapat mengganggu kondusifitas sobat saat bekerja. Sobat dapat mengajukan permohonan resign dengan alasan kesehatan / sakit.

    Dan pastinya sobat perlu memberitahu perusahaan, hal apa yang nantinya akan sobat kerjakan setelah resign. Kalau saya boleh saran, sobat bisa membuat alasan akan beristirahat untuk sementara waktu dan setelahnya akan melakukan pekerjaan yang cocok dengan kondisi kesehatan sobat.
  2. Alasan Domisili yang Jauh
    Salah satu hal yang dapat memicu timbulnya rasa malas dalam bekerja adalah Pulang-Pergi ke Tempat Kerja dengan jarak yang amat jauh. Bayangkan jika ini dilakukan setiap hari sampai berpuluh-puluh tahun, pastinya akan sangat membosankan dan mengurangi semangat kerja.
  3. Mendapat Tawaran Pekerjaan Baru yang Sesuai Dengan Latar Belakang Pendidikan
    Mendapat Tawaran Pekerjaan yang sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan adalah dambaan setiap orang, apalagi jika sesuai dengan minat dan bakat. Pasti deh tidak bakal ada kata malas, yang ada malah ketagihan.

    Nah bagi sobat yang mendapat tawaran pekerjaan baru yang sejalan dengan background pendidikan sobat, jangan sampai dilewatkan.

    Dan sobat bisa berterus terang pada perusahaan sobat saat ini, kalau sobat akan berpindah pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.
  4. Ingin Membuka Usaha Sendiri (Berwirausaha)
    Untuk yang sudah bosan dengan pekerjaan lama dan ingin bermutasi menjadi seorang wirausahawan, tentu tidak salah jika kita resign dengan mencantumkan alasan ingin membuka usaha sendiri. 
  5. Menjaga dan Merawat Orang Tua yang Sedang Sakit
    Orang Tua adalah satu-satunya tempat kita meminta doa dan restu. Tanpa kehadiran orang tua kita tidak akan menjadi apa-apa.

    Nah jika sobat merasa kalau Orang Tua sobat saat ini tidak ada yang menjaga atau merawat, tentu saja sobat bisa mengajukan permohonan resign dengan alasan ingin menjaga orang tua. Dan selanjutnya sobat bisa memberitahu kalau sobat akan melakukan pekerjaan yang cocok dengan kondisi sobat saat itu.
  6. Alasan Hamil (Khusus Perempuan)
    Bagi wanita hamil tentu dianjurkan untuk tidak melakukan pekerjaan yang berat-berat, dan disarankan selalu menjaga kondisi fisik agar tidak kelelahan.

    Sobatpun bisa memberitahu langkah apa yang selanjutnya akan sobat jalani setelah resign. Kalau saya boleh kasih saran, sobat bisa beralasan akan fokus menjaga kesehatan fisik semasa kehamilan sampai proses persalinan.

    Setelah proses persalinan selesai, selanjutnya sobat akan fokus untuk menjaga dan merawat anak-anak di rumah.
Demikianlah 7 Contoh Alasan Resign yang Masuk Akal dan Logis. Bagi sobat yang ingin menambahkan atau mengkritik apa yang sudah saya tulis di atas. Silahkan berkomentar saja :)

Yaps, mudah-mudahan apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila tulisannya agak kurang nyaman dibaca, karena saya masih dalam tahap belajar menulis.

Posting Komentar untuk "7+ Contoh Alasan Resign yang Tepat dan Masuk Akal"

Berlangganan via Email