Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5+ Contoh Surat Berhenti Kerja Dengan Alasan yang Baik dan Sopan

Bekerja merupakan suatu hal yang rutin dilakukan oleh manusia setiap harinya. Tanpa melakukan pekerjaan, hidup seseorang pastinya akan begitu-begitu saja dan akan jauh tertinggal oleh orang yang lebih memilih untuk bekerja.

Dalam bekerja kita dituntut untuk melakukan banyak hal serta harus mematuhi seluruh peraturan yang mengikat. Bagi sebagian orang hal tersebut bukanlah suatu masalah dan bisa diterima dengan baik. Namun, bagi orang yang menganut paham kebebasan dan tidak suka diatur-atur maka bekerja di perusahaan bukanlah pilihan yang tepat baginya. 

Selain itu, rasa jenuh pun pasti melanda para pekerja karena pekerjaan pastilah dilakukan setiap harinya, tanpa jeda. 

Nah, bagi sobat yang kebetulan sudah bosan dengan pekerjaan lama dan ingin segera menggantinya dengan pekerjaan baru, namun bingung bagaimana cara mengundurkan diri dengan alasan yang tepat hingga memberikan kesan baik pada atasan. Ada baiknya untuk membaca artikel ini hingga tuntas, hehe.

Sebetulnya ada banyak sekali contoh surat pengunduran diri di internet yang bisa sobat tiru. Hanya saja beberapa di antaranya tidak menyertakan alasan pengunduran diri di dalamnya. Memang tidak terlalu masalah. Akan tetapi, memberikan alasan pada surat pernyataan berhenti kerja bertujuan agar nantinya tidak ada lagi pertanyaan ataupun terkaan di antara para pekerja (teman kita) di perusahaan tersebut saat kita sudah keluar.

Selain itu, membuat alasan resign yang tepat juga akan memberikan kesan yang baik pada perusahaan.

Oleh karenanya, di artikel kali ini saya ingin berbagi beberapa contoh surat berhenti kerja disertai alasan yang baik dan sopan namun cukup masuk akal.

Ohiya, saya pun telah memberikan link untuk mendownload kelima contoh surat di bawah ini untuk versi Doc (Microsoft Word). Jadi, sobat bisa edit-edit sesuka hati sobat, dan tanpa perlu lagi mengetik ulang dari awal. 
  1. Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Dengan Alasan Kesehatan / Sakit
    Salah satu alasan pengunduran diri yang cukup bisa diterima oleh perusahaan adalah masalah kesehatan. Jadi, jika sobat merasa kesehatan pada diri sobat agak terganggu hingga berdampak pada menurunnya kinerja sobat di perusahaan, maka sobat bisa mencoba mengajukan pernyataan berhenti kerja dengan alasan masalah kesehatan.

    Berikut adalah contohnya.
  2. Contoh Surat Resign Dari Perusahaan Dengan Alasan Pindah Rumah
    Selain masalah kesehatan, domisili tempat tinggal pun bisa menjadi alasan untuk keluar dari tempat kerja. Nah jika sobat merasa bahwa pulang-pergi ke tempat kerja amat jauh dan melelahkan atau mungkin sobat berencana akan pindah rumah ke luar kota, maka sobat bisa menggunakan surat pengunduran diri dengan alasan pindah rumah.

    Berikut adalah contohnya.

  3. Surat Berhenti Kerja Dengan Alasan Hamil
    Bagi wanita hamil pastilah diharuskan menjaga aktivitas sehari-harinya. Dan sangat disarankan untuk tidak melakukan pekerjaan yang berat-berat. Nah, jika sobat sedang mengandung (hamil), dan merasa ingin keluar dari pekerjaan. Maka sobat bisa mencoba contoh surat pengunduran diri karena hamil berikut ini.
  4. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan Mendapat Pekerjaan Baru
    Jika sobat sudah mendapat tawaran pekerjaan baru, dan merasa cocok dengan pekerjaan itu. Lalu bingung ingin resign dari perusahaan lama bagaimana? Nah berikut adalah contoh surat resign dengan alasan akan pindah bekerja di perusahaan lain. Silahkan ditiru.
  5. Surat Resign / Pengunduran Diri dari Pekerjaan dengan Alasan Melanjutkan Kuliah / Study
    Yang terakhir pastilah dilakukan oleh para Fresh Graduate yang awalnya tidak lulus SBMPTN, lalu gap year sambil bekerja, lalu ikut lagi SBMPTN di tahun berikutnya, dan dinyatakan lolos.

    Nah, mau tidak mau kita diharuskan memilih untuk tetap bekerja atau melanjutkan kuliah.

    Jika universitas yang dipilih adalah universitas swasta mungkin tidak masalah karena bisa kuliah sambil bekerja. Namun jika kampus negeri pastilah harus memilih bekerja atau kuliah.

    Nah jika sobat ingin resign dengan alasan ingin melanjutkan kuliah, berikut adalah contoh surat pengunduran dirinya.
Yaps demikianlah 5 contoh surat berhenti kerja disertai dengan alasan yang cukup logis dan masuk akal tapi memberikan kesan yang baik juga sopan, yang bisa sobat download versi dokumennya agar tidak perlu mengetik ulang, capek wkwk :v

Silahkan pilih beberapa contoh surat pengunduran diri tersebut sesuai dengan keadaan sobat saat ini. Sobatpun bisa mengubah-ubah isi surat tersebut, mulai dari jabatan, nama perusahaan, serta kalimat-kalimat di dalamnya.

Oke semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.

Posting Komentar untuk "5+ Contoh Surat Berhenti Kerja Dengan Alasan yang Baik dan Sopan"

Berlangganan via Email