Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Singkat dan Sederhana

Teks eksposisi merupakan satu jenis teks yang menerangkan suatu informasi secara singkat, padat, dan jelas. Selain memberikan informasi, teks ini hampir sama seperti teks pidato, di mana berisi paragraf-paragraf yang terkesan mengajak / persuasif untuk melakukan sesuatu hal yang positif. Hanya saja pada teks eksposisi disajikan dengan paragraf yang tidak terlalu panjang, melainkan langsung kepada inti yang ingin disampaikan.
Gambar dari pixabay.com
Ada berbagai macam teks eksposisi yang mestinya kita ketahui. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak ingin membahas keseluruhan teks tersebut, melainkan hanya ingin membahas satu jenis teks eksposisi yang menurut saya cukup mudah untuk dituliskan.

Ya, kamu benar sekali. Teks eksposisi yang saya maksudkan adalah jenis ilustrasi.

Apa itu teks eksposisi ilustrasi?

Pada dasarnya jenis teks ini hampir sama dengan teks eksposisi pada umumnya, yaitu menyampaikan suatu informasi dengan paragraf yang singkat, padat, dan jelas, serta informatif bagi pembacanya.

Hanya saja yang membedakan teks eksposisi ilustrasi dengan yang lainnya adalah adanya suatu ilustrasi atau penggambaran sederhana mengenai argumentasi yang ingin disampaikan.

Bingung? Agar tidak bingung berikut adalah beberapa contoh paragraf singkat dan sederhana mengenai teks eksposisi ilustrasi yang bisa kamu gunakan sebagai media pembelajaran atau tugas sekolah.

Contoh Teks Eksposisi Jenis Ilustrasi 


Contoh Teks 1


Padi merupakan tanaman khas di Indonesia. Butuh berbulan-bulan untuk menanam padi hingga bisa dipanen. Padi tidak akan tumbuh dengan sendirinya melainkan mesti dirawat dan dijaga oleh petani selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Semakin besar dan lebat tanaman padi, maka tanaman ini akan merunduk ke bawah dan siap untuk dipanen.

Ilustrasi di atas sangat cocok untuk menggambarkan bagaimana seseorang yang sukses pastilah membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan kesuksesan yang saat ini Ia raih. Kesuksesan pastilah tidak didapat dengan cara malas-malasan atau ogah-ogahan, melainkan dengan semangat dan kerja keras, serta selalu menerapkan disiplin yang tinggi, hingga menghasilkan kebiasaan positif yang presisi setiap harinya.

Semakin sukses seseorang, semestinya orang tersebut tidak menunjukan sifat yang sombong dan angkuh. Melainkan mesti memperlihatkan sifat yang rendah hati dan tidak sombong, layaknya tanaman padi yang semakin besar semakin merunduk.

Contoh Teks 2


Indonesia terkenal sekali dengan nenek moyangnya yang seorang pelaut. Para pelaut biasa berlayar di lautan yang penuh dengan ombak tinggi serta angin yang cukup kencang. Para pelaut ini sudah terbiasa dengan hambatan seperti ini karena dianggapnya seperti makanan sehari-hari.

Pelaut yang tangguh pastilah berawal dari pelaut biasa yang pergi berlayar. Selama berlayar itulah Ia menemukan banyak sekali rintangan dan hambatan seperti ombak besar, angin kencang, bahkan ikan-ikan monster pun seringkali mengganggunya.

Namun berkat kegigihan serta keberanian, pelaut ini dapat melewati itu semua dan mendapatkan suatu hal yang mungkin tidak akan Ia dapatkan jika tidak mencoba pergi berlayar; Pelaut tangguh tidak lahir dari laut yang tenang.

Penggambaran di atas sangat cocok untuk dijadikan ilustrasi mengenai kehidupan. Di mana banyak sekali atau hampir semua manusia memiliki masalah. Dan setiap manusia pastilah berpikir kalau dialah pemilik masalah terbesar di dunia.

Padahal, masalah serta ujian pastilah menimpa seluruh manusia yang memiliki akal, dan akan selalu datang silih berganti selama berjalannya waktu.

Masalah tidak akan selesai dengan sendirinya melainkan wajib kita hadapi dengan wajah penuh ambisi. Jika tidak dihadapi atau malah membohongi diri dengan cara lari dari masalah, maka kita tidak akan dapat pelajaran apapun dari hal yang telah kita jalani selama ini. Kita hidup sama seperti hari sebelumnya yang tidak memiliki pengalaman baru.

Sama hal nya dengan pelaut tangguh yang terlahir di lautan yang penuh ombak. Kita pun akan menjadi manusia yang tangguh jika sering tertimpa masalah. Hanya saja, tergantung dari bagaimana kita menyelesaikan dan menanggapi masalah yang kita dapatkan. Apakah ditanggapi dengan ketenangan dan kegigihan hingga dapat diselesaikan dengan baik? Ataukah malah lari dari masalah?

Yaps demikian yang mungkin bisa saya bagikan di pagi hari yang cerah ini. Mungkin cukup 2 teks dulu saja. Kalau ada waktu nanti saya tambah lagi contoh teks lainnya.

Selamat pagi dan semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Singkat dan Sederhana"

Berlangganan via Email