Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Scan & Membuat QR Code Google Maps pada Undangan

Postingan ini terinspirasi setelah saya mendapat surat undangan pernikahan teman saya. Di mana ketika saya perhatikan surat undangan tersebut, terutama pada bagian Peta; terdapat sebuah QR Code. Setelah saya coba untuk melakukan scanning pada QR Code tersebut, didapatlah sebuah tautan yang merujuk pada Google Maps dengan koordinat yang langsung menuju titik lokasi.

Baca Juga : Cara Mencari Alamat Rumah di Google Maps agar Tidak Tersesat

Alhasil saya pun agak sedikit kagum dengan penambahan fitur QR Code tersebut yang saya rasa membawa kesan kekinian. Sebab, surat undangan yang biasa saya liat hanya berupa peta biasa tanpa ada embel-embel barcode / QR Code.

Meski demikian, mungkin hanya sebagian kecil orang saja yang akan memanfaatkan fitur QR Code tersebut. Karena memang hanya sedikit orang yang tahu cara melakukan scanning pada QR Code.

Apa itu QR Code ?

Buat yang belum tahu QR Code itu apa. Mungkin akan sedikit saya jelaskan agar lebih paham. 

Secara sederhana, QR Code adalah sebuah teknologi berupa kode berwarna hitam putih yang berguna sebagai penyimpan data informasi berukuran besar. Teknologi QR Code tentunya berbeda dengan barcode yang selama ini kita kenal. 

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara keduanya adalah pada kegunaan teknologi itu sendiri.

Pada barcode, biasanya hanya digunakan untuk menyimpan data-data berukuran kecil, misalnya kode produksi pada kemasan makanan. Selain itu, teknologi barcode hanya mampu menghimpun data berupa angka dan beberapa simbol tertentu saja. Sehingga sangat terbatas.
Contoh Barcode

Nah sedangkan QR Code memiliki bentuk yang berbeda dari Barcode. Di mana pada QR Code ini berbentuk 2 dimensi yang di dalamnya terdapat kotak 3 buah. QR Code mampu menyimpan data yang jauh lebih besar. Termasuk menyimpan data berupa informasi alamat / titik lokasi pada surat undangan. 
Contoh QR Code

Cukup menarik kan? :)

Lalu bagaimana cara melakukan scanning dan membuat QR Code ?

Untuk melakukan scanning sekaligus memproduksi QR Code yang kita inginkan sebetulnya gampang saja. Kita hanya perlu mendownload aplikasi QR Code Scanner yang ada di Google Playstore menggunakan Ponsel Android kita. 

Hanya saja kemungkinan besar sobat akan kebingungan, sebab ada begitu banyak aplikasi sejenis di playstore.

Oleh karenanya di postingan ini saya akan memberikan satu rekomendasi aplikasi QR Code scanner yang biasa saya gunakan karena memang mudah penggunaannya. 

Check it Out. 

Cara Scan & Membuat QR Code Google Maps pada Undangan

  1. Langkah pertama download dan instal terlebih dahulu aplikasi QR Code Scanner di Google Playstore atau Appstore jika sobat pengguna IOS. Apabila sobat bingung saat memilih aplikasi QR Code Scanner, saya merekomendasikan untuk download aplikasi bernama Barcode Generator. Kurang lebih seperti ini tampilan di Playstore-nya.
  2. Setelah berhasil terinstal, selanjutnya sobat buka aplikasi Google Maps. Kemudian tentukan tempat / titik lokasi yang ingin sobat bagikan via QR Code. 
  3. Jika sudah, klik icon profile di pojok kanan atas, dan klik Berbagi lokasi. Lalu pilih salin ke papan klip.
  4. Nah sekarang kita sudah mendapatkan tautan koordinat google maps. Selanjutnya kita buka aplikasi Barcode Generator yang tadi didownload. 
  5. Klik plus button lalu klik Add Code.
  6. Pilih QR Code; Text; Lalu pastekan tautan google maps yang tadi dicopy Klik Ok.
  7. Selesai!. Sekarang sobat sudah mendapat QR Code dari Titik lokasi pada Google Maps. Selanjutnya sobat bisa langsung save QR Code tersebut untuk kemudian di edit kembali agar bisa diletakan pada blanko undangan.

Cara Melakukan Scanning pada QR Code / Barcode

Untuk melakukan scanning pada QR Code maupun barcode kita bisa menggunakan aplikasi yang serupa. Sehingga kita tidak perlu download lagi di playstore / appstore.

Berikut adalah tata cara melakukan scanning pada jenis QR Code / Barcode apapun yang kita temukan di sekitar. 
  1. Langkah pertama tentukan QR Code yang akan discan. 
  2. Setelah itu buka aplikasi Barcode Generator tadi, dan klik Scan Code.
  3. Lalu arahkan kamera belakang tepat di depan QR Code. Dan tunggu sampai kamera fokus dan QR Code berhasil discan.
  4. Selesai!

Penutup

Demikianlah postingan berjudul cara scan sekaligus membuat QR Code Maps sendiri untuk diletakan pada Blanko Undangan. 

Dengan begitu saya harap sobat tidak lagi dibingungkan apabila menemui sebuah QR Code, karena sebenarnya QR Code maupun Barcode dan sejenisnya adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai penyimpan informasi secara tidak langsung, dan baru bisa diketahui apabila kita menelusurinya dengan cara discan seperti yang sudah saya terangkan di atas.

Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Cara Scan & Membuat QR Code Google Maps pada Undangan"

Berlangganan via Email