Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cepat Mengubah Banyak Kata di Ms Word Hanya 1x Klik

Pernahkah kamu sudah ngetik panjang-panjang di Microsoft Word namun ada kata yang ingin kamu ubah jadi kata yang lain? Misalnya, kamu sudah terlanjur menggunakan kata "Gue" dalam paragraf yang sudah kamu tulis. Dan di suatu kesempatan kamu ingin mengubah kata "Gue" tersebut menjadi kata yang lebih sopan yakni kata "Saya" atau "Aku".

Jika paragraf yang kamu buat belum terlalu banyak sih tentu tidak akan sulit untuk mengubah kata tersebut. Kamu tinggal mengubahnya secara manual, dan selesai.

Namun apa jadinya jika paragraf yang kamu buat sudah terlanjut banyak? Misalnya sudah ada 20 paragraf yang menggunakan kata "Gue" di dalamnya. Tentu kamu akan kerepotan jika harus mengubah kata "Gue" tersebut satu persatu.

Bisa dibayangkan berapa jumlah kata yang mesti kamu ubah secara manual wkwk.

Nah daripada kamu mengubahnya secara manual, kamu bisa pilih cara yang lebih efektif dan praktis. Cara ini sebetulnya sudah disediakan khusus berupa fitur replace yang kebetulan di semua Microsoft Word sudah ada.

Tentu saja cara ini lebih cepat dan praktis. Apalagi jumlah kata yang ingin diubah sangat banyak. 

Untuk caranya sendiri bisa kamu ikuti melalui langkah-langkah berikut ini. Check it Out!.

Cara Cepat Mengubah Banyak Kata di Ms Word Hanya 1x Klik

  1. Langkah pertama buka program Microsoft Word kamu, bebas mau yang versi berapa aja. Di sini saya menggunakan Ms. Word 2019.
  2. Setelah itu buka dokumen yang hendak kamu ubah kata-katanya. 
  3. Sebagai contoh saya ingin mengubah kata "Ipsum" menjadi kata "Dimsum". Bisa kamu lihat jumlah keseluruhan katanya sebanyak 4000 serta berjumlah 10 paragraf yang kemungkinan akan susah jika harus mengubahnya 1 persatu wkwk.
  4. Selanjutnya tentukan kata yang ingin diubah. Kemudian tekan CTRL + H pada keyboard. Dan akan muncul sebuah menu Find and Replace./

  5. Pada form Find What: kamu isi dengan kata yang ingin kamu ubah, dan pada Replace with: kamu isi dengan kata penggantinya. Contohnya saya ingin mengubah kata Ipsum jadi Dimsums :D
  6. Terakhir klik Replace All. Dan secara otomatis kata "Ipsum" akan berganti jadi "Dimsum" sesuai dengan yang saya inginkan :D
  7. Selesai!

Penutup

Demikianlah cara cepat mengubah kata dengan paragraf yang panjang secara otomatis dengan fitur Find and Replace. Tentu saja fitur ini tersedia di semua versi Microsoft Word.

Yaps mungkin cukup segitu dulu untuk postingan di pagi hari yang hujan rintik-rintik ini. Semoga bermanfaat.

Kalau ada pertanyaan bisa tinggalkan komentar di bawah. Saya tunggu dan akan saya tanggapi secepat mungkin :)

Baca Juga : Cara Membuat Huruf TH Kecil di MS Word

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Mengubah Banyak Kata di Ms Word Hanya 1x Klik"

Berlangganan via Email