Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10 Pakai Lightshot, Praktis!

Di smartphone untuk melakukan screenshot layar caranya cukup mudah, yakni tinggal menekan tombol Volume atas + Tombol Power, dan layar pun berhasil terscreenshot. 

Di laptop pun sama demikian, terdapat tombol di keyboard bernama PrtSrc yang merupakan singkatan dari Print Screen. Tombol tersebut hampir ada di semua keyboard laptop yang menggunakan OS Windows. Kalau Mac saya gatau ya, soalnya saya belum pernah nyoba juga wkwk.

Untuk melakukan tangkapan di layar sebetulnya sudah ada aplikasi khusus bawaan yang disediakan oleh Microsoft. Aplikasi ini bernama Snip & Sketch jika di Windows 10, sedangkan di Windows 7 bernama Snipping Tools.

Aplikasi tersebut bisa kamu jalankan dengan cara mencarinya melalui Start Windows, lalu scroll ke bawah sesuai urutan hurufnya dan ketemu.

Berikut adalah hasil screenshot menggunakan program Snip & Sketch di Windows 10 :


Cukup bagus bukan hasilnya?

Meski demikian, saya sangat jarang menggunakan tools Snip & Sketch yang merupakan tools bawaan windows 10. Dan lebih menyukai aplikasi pihak ketiga bernama Lightshot.

Sama seperti Snip & Sketch, Lighshot adalah aplikasi yang dirancang untuk menangkap layar / screenshot pada bagian-bagian yang kita inginkan.

Bagi saya, program lightshot ini lebih praktis karena bisa dijalankan hanya dengan menekan tombol PrtScr di komputer. Sehingga tidak perlu repot-repot untuk membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Bagi kamu yang mungkin penasaran dengan program lightshot ini, berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi tangkapan layar komputer bernama lightshot.

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10 Pakai Lightshot, Praktis!

  1. Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi lightshot melalui website resminya di https://app.prntscr.com/en/index.html, lalu klik Download for Windows jika kamu pengguna OS Windows. Dan klik Download for Mac jika kamu mengguna OS Macintosh.
  2. Setelah didownload silahkan instal programnya seperti biasa.
  3. Kemudian pada pengaturan HotKeys nya bisa kamu atur seperti ini. Atau disesuaikan dengan HotKeys yang kamu inginkan. Misalnya ingin menggunakan Tombol PrtScr saja di Keyboard tanpa CTRL. Klik OK.
  4. Selesai deh. Kemudian untuk melakukan tangkapan layar kamu bisa menekan HotKeys yang tadi kamu tentukan. Lalu untuk melihat hasil dari screenshot nya, kamu bisa mengeceknya di folder Documment > Lightshot.
  5. Selesai.

Penutup

Demikianlah artikel singkat mengenai cara screenshot di laptop windows 10 menggunakan program pihak ketiga bernama Lightshot. Tentu saja selera setiap orang berbeda-beda. Ada yang lebih menyukai aplikasi bawaan, ada juga yang condong ke aplikasi pihak ketiga, termasuk saya :D

Selain lebih praktis, program lightshot pun gratis dalam penggunaannya serta memiliki ukuran yang mini. Sehingga tidak akan membuat kinerja PC kita jadi lemot.

Yaps mungkin segitu dulu untuk postingan di pagi hari yang cukup cerah ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Melihat Password Wifi Sendiri Di Laptop

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Di Laptop Windows 10 Pakai Lightshot, Praktis!"

Berlangganan via Email