Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Atasi Inventaris Berharga Template Halaman Adsense

Akhir-akhir ini banyak sekali keluhan soal penolakan adsense gaya baru. Kenapa saya bilang gaya baru? Sebab, alasan penolakannya sangat jarang atau bahkan tidak pernah dialami oleh orang lain di waktu sebelumnya.

Di minggu-minggu kemarin saya menyempatkan diri untuk mencoba mengajukan blog ini mendaftar adsense (Add Site Review). Akan tetapi, saya langsung mendapat penolakan dengan alasan Inventaris Berharga : Template Halaman. Berikut adalah sceenshotnya :

Saya sendiri bingung kenapa blog ini ditolak begitu saja. Bahkan saya mengajukan blog ini sampai 6 kali, dan ke 7 kali nya baru keterima, alhamdulillah.

FYI, pada saat diajukan blog ini sudah memiliki postingan sebanyak 23 buah. Selain itu jumlah pengunjung perharinya adalah sebesar 100an. Dan menggunakan template Vio Magz versi Terbaru.

Ohya, selain mendapat penolakan Inventaris Berharga : Template Halaman, saya pun mendapat alasan penolakan lain yang jauh lebih aneh atau bahkan bisa dikatan lucu. Yaitu, Inventaris Berharga : Konten Tidak Masuk Akal.

Tentu saja saya pun semakin bingung dan bahkan sempat kehilangan semangat ngeblog setelah mendapat penolakan seperti itu. Dan muncul banyak pertanyaan serta terkaan dalam diri saya.

Apa yang salah dengan blog saya? Semua kontennya saya tulis manual. Desain blognya terasa nyaman, dan sudah responsive. Tapi kenapa masih ditolak? bahkan dengan alasan Konten tidak masuk akal. Memangnya blog saya membahas apaan kok bisa dianggap tidak masuk akal?

Setelah browsing di mbah google dan bertanya-tanya di grup facebook, akhirnya saya bisa membuat kesimpulan untuk mengatasi penolakan adsense Inventaris Berharga : Template Halaman dan Konten Tidak Masuk Akal.

Ternyata, kedua alasan penolakan tersebut memiliki hubungan erat satu sama lain. Yaitu menunjukan terdapat permasalahan pada Artikel dan Link blog yang didaftarkan.

Agar lebih jelas, mungkin langsung saya jabarkan hal apa yang saya lakukan selama mendapat penolakan adsense hingga akhirnya diterima? Berikut adalah hal yang saya lakukan.

  1. Menghapus Artikel Copas
    Walaupun saya tidak Copas secara keseluruhan konten, akan tetapi saya menyadari kalau saya mengcopas sebagian / isi artikel dari situs lain. Dan ternyata hal tersebut bisa berdampak diterima / tidaknya blog kita oleh adsense. Saya sendiri baru tahu.

    Setelah itu sayapun mencoba menghapus beberapa artikel yang saya anggap melanggar. Mungkin bukan menghapus, lebih tepatnya adalah menyimpannya di draft blogger.
  2. Mengubah Menu Blog Menjadi Lebih Simpel
    Tadinya menu blog saya terlihat begitu rumit atau bahkan aneh. Namun, setelah saya memerhatikan blog orang lain yang sudah lebih dahulu diterima adsense, ternyata menu blognya sangat simpel dan tidak rumit.

    Lalu, seperti apa menu blog yang simpel itu?

    Tentu saja sangat relatif. Simpel bagi saya belum tentu simpel bagi orang lain. Dan menurut saya, menu blog yang simpel itu adalah yang mewakili sebagian besar konten di blog kita.

    Jadi, usahakan untuk membuat menu yang dapat mempermudah user mendapatkan apa yang diinginkan. 
  3. Memasang Script Redirect Otomatis
    Pada saat pertama kali diajukan, blog ini memiliki beberapa deadlink atau link mati (404 Not Found). Hal tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap penilaian / review yang dilakukan adsense pada blog kita.

    Untuk mengatasi deadlink, sayapun mengakalinya dengan memasang script redirect otomatis. Jadi, dengan script ini nantinya ketika user mengakses artikel yang 404 Not Found, maka akan langsung dialihkan (redirect) menuju homepage.

    Untuk cara memasang redirect otomatis, mungkin sobat bisa googling. Atau mencoba script dari Kompi Ajaib
  4. Konsisten Update Artikel
    Selama masa penolakan saya mencoba untuk terus mengupdate artikel di blog ini. Artikel yang saya buat benar-benar 100% murni hasil dari pemikiran saya, dan kemungkinan besar sih unik.

    Nah bagi sobat yang mungkin lelah ditolak terus. Coba deh buat artikel yang benar-benar unik. Bisa dari pengalaman ataupun tips / trik yang sobat ketahui dan tidak banyak orang menulisnya.

    Contoh artikel yang saya buat pada masa penolakan Adsense : Tanda-Tanda Wanita yang Kamu Dekati Tidak Mau DenganmuCara Menerapkan Kebiasaan Disiplin dan Konsisten dan lainnya.
  5. Membuat Halaman Dasar Seperti About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer
    Untuk membuat halaman tersebut, sobat bisa menirunya dari blog lain. Tapi ingat, jangan copas mentah-mentah. Melainkan diketik ulang dengan bahasa sobat sendiri.

    Untuk Privacy Policy dan Disclaimer, sobat bisa membuatnya dengan Privacy Policy Generator dan Disclaimer Generator. Silahkan klik di sini untuk menuju situsnya.
  6. Pasrah dan Jangan Berambisi
    Ketika kita terlalu berambisi pada sesuatu, biasanya kita akan sulit mendapatkannya. Bersikaplah sewajarnya sambil terus berusaha semaksimal mungkin. Selain itu, pasrahlah pada hasil yang akan kita dapatkan nantinya. Dan yang terpenting, jangan lupa berdoa. 
Kesimpulan 

Penolakan Adsense Inventaris Berharga : Template Halaman dan Konten Tidak Masuk Akal memiliki hubungan erat satu sama lain. Kedua alasan tersebut sama-sama ingin menunjukan kalau di blog yang kita daftarkan terdapat artikel yang melanggar dan banyak sekali link blog yang mati. 

Untuk masalah diterima / tidaknya sobat setelah mencoba tips berdasarkan pengalaman saya ini, tentu tidak terlepas dari seberapa besar hoki yang sobat miliki. Saya sendiri mengajukan blog ini sampai 6 kali, dan ke 7 kalinya alhamdulillah diterima. 

Sempat hampir menyerah, namun Alhamdulillah dikasih jalan :)

Tetap semangat dan semoga diterima sob. 


Kalau ada pertanyaan, silahkan komentar saja. Mari kita diskusikan masalah ini bersama-sama, agar tidak ada lagi orang yang mendapat penolakan seperti yang saya alami ini, hehe. Karena berat biar saya saja :v

Ohya, bagi yang sudah berhasil diapprove / diterima sepenuhnya oleh Google Adsense, bisa lanjut membaca postingan :

Cara Membuat Iklan Tautan Adsense 5 Susun Untuk Tingkatkan CTR

7 komentar untuk "Cara Atasi Inventaris Berharga Template Halaman Adsense"

  1. klau artikel nya udah ribuan gimana dong master? masa di edit satu? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gausah diedit gan. Agan pilih aja artikel yang sekiranya mencurigakan, dalam hal ini terindikasi pernah copas sebagian / keseluruhan dari blog lain.

      Kalo udah dipilih artikel yang mencurigakan tersebut, jangan dihapus, tapi revert to draft aja gan. Biar nanti kalo udah keterima, bisa dipublish ulang artikelnya.

      Ohya, usahakan untuk update terus postingan original selama masa peninjauan adsense. Karena akan sangat berpengaruh.

      Jangan lupa berdoa :)

      Btw, jangan panggil master :v

      Hapus
    2. sekedar sharing aja nih gan. jadi awalnya gini gan. pertama kena kebijakan inventaris konten salinan. setelah nya sebelum menemukan tips dari artikel ini sudah saya terapkan sebelumnya setelah gogling sana sini. eeeh tau2 nya kena Inventaris Berharga : Konten Tidak Masuk Akal. saya kembalikan lagi artikel yang di draf tadi. kira2 ada tips lain ga gan? mohon bantuannya suhu...

      Hapus
    3. Cuma itu aja sih yang saya lakuin gan.

      Jadi gini tahapannya seinget saya dulu.

      1. Revert to Draft postingan yang sekiranya melanggar kebijakan. Entah itu copas, berbau software ilegal, download, dll.

      2. Mengatasi halaman 404 not found dengan memasang script redirect otomatis (Wajib).

      3. Update postingan blog secara berkala dengan tulisan yang beneran original. Dalam hal ini usahain jarang ada orang yang nulis dan memang ide sendiri.

      4. Menu blog gausah pake submenu, kalo bisa langsung mengarah ke kategori blognya aja.

      5. Terakhir saya ajuin terus sampe keterima, sambil update postingan secara berkala setiap hari.

      Udah gitu aja sih gan. Selebihnya tergantung tingkat kehokian agan, hehe.

      Hapus
  2. Izin tanya gan, untuk jarak waktu pengajuan idealnya berapa lama ya supaya tidak dikira spam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika baru mendapat email penolakan Adsense, sebaiknya agan tidak langsung mengajukan ulang blognya, melainkan tunggu 12 jam atau 1-2 hari sambil memperbaiki kesalahan.

      Kalau agan tetep ngotot langsung ngajuin ulang blog setelah mendapat penolakan adsense, tanpa jeda waktu, maka agan akan diberikan batas waktu alias skorsing pengajuan selama 1 bulan.

      Sehingga sobat baru bisa mengajukan ulang blog tersebut setelah masa skorsing tadi.

      Hati-hati.

      Hapus
  3. Terima kasih informasinya. Sangat membantu

    BalasHapus

Berlangganan via Email